Peristiwa

Pelaku Usaha Gresik Respon Keberadaan Mall Pelayanan Publik

Gresik (beritajatim.com)- Keberadaan Mall Pelayanan Publik (MPP) langsung direspon oleh puluhan pelaku usaha Gresik. Mereka mengaku sangat dimudahkan dengan adanya sistem perizinan online single submission (OSS) yang bisa diakses melalui ponsel.

Salah satu pelaku usaha UMKM makanan Ifa Sholilhatun warga asal Jalan KH Agus Salim Gresik menuturkan, dirinya tidak menyangka sangat mudah mengurus izin usaha.

“Saya tak menyangka yang awalnya sekedar menghadiri rapat. Saat rapat itu kami dipandu untuk masuk aplikasi OSS melalui ponsel. Setelah mengisi data yang ada di aplikasi tersebut seketika langsung dicetak dan keluarlah surat izin ini,” ujarnya, Kamis (23/01/2020).

Hal senada disampaikan Farida Uriani (55) pengusaha busana muslim anak asal Manyar, Gresik. Dia mengaku berbeda dengan beberapa tahun lalu melakukan pengurusan bahkan terhitung sudah kembali selama empat kali namun belum ada hasil. Kendati terkendala ketika masuk pada aplikasi OSS.

“Sungguh saya senang sekali hari ini saya bisa membawa surat izin usaha IUMK. Tak hanya itu, sekali masuk ada tiga surat saya dapatkan yaitu IUMK, Nomer Induk Berusaha (NIB), Surat pernyataan kesanggupan pengelolaan lingkungan dan Penataan Lingkungan (SPPL). Saya bangga dengan Mall Pelayanan Publik ini,” ungkapnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gresik Mulyanto mengatakan, sebetulnya sosialisasi OSS ini diselenggarakan di masing-masing Kecamatan. Namun, kami memandang betapa lebih efektifnya kegiatan ini dilaksanakan di Mall Pelayanan Publik. Sambil mereka praktek masuk aplikasi seketika bisa langsung dicetak.

“Para pelaku usaha tampak sangat bahagia menerima surat izin usaha yang mereka idamkan sebelumnya,” katanya.

Ia menambahkan untuk bisa mengakses aplikasi OSS. Cukup masuk https://www.oss.go.id. Lalu mengisi pada data yang sudah tersedia disana.

“Sangat mudah, tinggal klik, klik dan klik serta mengetik nama dan nomer identitas dan langsung bisa dicetak,” pungkasnya. (dny/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar