Peristiwa

Hingga Awal Oktober 2019

39 Kebakaran Terjadi di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 39 peristiwa kebakaran terjadi di Kabupaten Pamekasan, selama sembilan bulan terakhir. Khususnya pada tahun ini, terhitung mulai Januari hingga awal Oktober 2019.

“Hingga awal Oktober 2019, total kebakaran yang terjadi di Kabupaten Pamekasan sebanyak 39 kejadian,” kata Kasi Pemadam Ka bakaran (Damkar) Pemkab Pamekasan, Habib, Selasa (8/10/2019).

Namun peristiwa kebakaran pada tahun ini, cenderung lebih sedikit dibandingkan peristiwa serupa yang terjadi pada 2018 lalu. “Jika dibandingkan tahun lalu, peristiwa kebakaran tahun ini jauh lebih sedikit. Sebab pada 2018 lalu, peristiwa kebakaran mencapai sekitar 150 kejadian,” ungkapnya.

“Sementara untuk penyebab kebakaran yang terjadi, sebagian besar akibat kelalaian masyarakat. Apalagi kebanyakan kebakaran terjadi di lahan kering karena musim kemarau seperti saat ini, semisal tumpukan sampah yang terbakar dan menjalar ke area lainnya,” jelasnya.

Disinggung soal penilaian masyarakat terkait kinerja petugas Damkar yang sering telat tiba di lokasi kebakaran, pihaknya menegaskan jika hal tersebut tidak murni kesalahan timnya. “Sebenarnya bukan lambat, tetapi informasi yang kami terima kurang cepat, sehingga proses pemadaman di lapangan sedikit terlambat,” beber Habib.

“Dari itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar segera memberi tahu kami ketika terjadi kebakaran. Tidak kalah penting kami juga berharap agar masyarakat tidak membakar sampah sembarangan yang dapat berpotensi terjadi kebakaran,” harapnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar