Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Keberadaan Ratusan Dokumen Tak Jelas, Ini Pernyataan Dispenduk Jember

Minggu, 18 Nopember 2018 06:00:11 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Keberadaan Ratusan Dokumen Tak Jelas, Ini Pernyataan Dispenduk Jember

Jember (beritajatim.com)--Warga melaporkan ratusan dokumen administrasi kependudukan masyarakat yang diurus oleh relawan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jember, Jawa Timur, tak jelas keberadaannya.

Munculnya relawan ini setelah Pemerintah Kabupaten Jember memberikan kesempatan kepada warga yang mau sukarela membantu warga lainnya mengurus adminduk secara kolektif. Para relawan ini bekerja tanpa dibayar dan memungut ongkos.

Namun di tengah perjalanan, berkas dokumen yang mereka ajukan tak juga terlayani. Belakangan diketahui, bahwa keberadaan berkas dokumen yang disetorkan ke Dispenduk tak jelas. Mereka kesulitan melacak, karena tak ada tanda serah terima berkas dengan petugas Dispenduk.

Beritajatim.com meminta penjelasan kepada Kepala Seksi Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status Anak, dan Pewarganegaraan Dispendukcapil Jember, Amirullah, soal hal ini. Ternyata ia tidak mengetahui adanya pengurusan adminduk secara kolektif melalui jalur relawan. "Relawan yang mana? Saya tidak tahu kalau relawan bawa."

Amirullah justru mempertanyakan balik soal pengurusan kolektif oleh relawan tersebut. "Mana ada kolektif? Saya tidak tahu. Saya tidak menerima kolektif. Untuk yang kolektif biasanya melalui (petugas) kecamatan. Kalau yang dari desa, itu dilayani di desa lalu dibawa ke kantor Dispenduk. Program ngantor desa memang ada," katanya. Proses pengurusan adminduk di desa setidaknya butuh waktu sepekan untuk selesai. [wir/air]

Tag : ott jember

Komentar

?>