Rabu, 19 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Puluhan Ribu Buruh Bergerak ke Surabaya, Jalan A Yani Macet

Kamis, 15 Nopember 2018 12:03:37 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Puluhan Ribu Buruh Bergerak ke Surabaya, Jalan A Yani Macet

Surabaya (beritajatim.com) - Puluhan ribu buruh mulai bergerak menuju ke Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Buruh menuntut kenaikan 25 persen pada Upah Minimum Kabupaten Kota (UMK) tahun 2019 yang akan ditetapkan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Pantauan di jalan Ahmad Yani Surabaya, tiga jalur frontage road dipenuhi oleh massa buruh. Ada 4 bus, puluhan mobil, dan ratusan sepeda motor. Tak pelak, jalan pun macet total.

Buruh datang dari sentra-sentra industri di Surabaya. Semisal kawasan SIER Rungkut, Kalirungkut, Panjang Jiwo, hingga beberapa tempat lain di Surabaya. Semisal dari Sidoarjo, Pasuruan, Gresik, dan Mojokerto.

Ada beberapa tuntutan buruh yang hendak disampaikan dalam aksi ini. Di antaranya menagih janji Gubernur dalam menghilangkan disparitas UMK di Jawa Timur dengan merevisi Pergub No. 75 Tahun 2017 tentang UMK Tahun 2018 sesuai dengan rekomendasi Tim 12. Lalu, menuntut kenaikan UMK tahun 2019 sebesar 25 persen. Menetapkan UMSK (Upah Minimum Sektoral Kabupaten/ Kota) untuk seluruh wilayah di Jawa Timur. [ifw/but]

Tag : demo buruh

Komentar

?>