Senin, 19 Nopember 2018

Tragedi 'Surabaya Membara'

PT KAI: Kereta Api Lewat Viaduk Sudah Sesuai Prosedur

Jum'at, 09 Nopember 2018 22:29:34 WIB
Reporter : Wahyu Hestiningdiah
PT KAI: Kereta Api Lewat Viaduk Sudah Sesuai Prosedur

Surabaya (beritajatim.com) - Kepala Humas PT KAI (Kereta Api Indonesia) Daops 8 Surabaya, Gatut Sutiatmoko mengatakan, kereta api yang melewati viaduk (jembatan kereta api di atas) di Jalan Pahlawan berjalan sesuai prosedur.

Gatut mengaku, insiden jatuhnya penonton saat menyaksikan drama kolosal 'Surabaya Membara' ini akibat banyaknya masyarakat yang berkerumun di atas viaduk.

"Padahal kereta api sudah membunyikan semboyan 35 atau seruling lokomotif, untuk memperingatkan warga yang berada di viaduk," kata Gatut saat dikonfirmasi, Jumat (9/11/2018).

Kepala Humas PT KAI Daops 8 juga menyampaikan, kereta yang lewat saat pertunjukan peringatan Hari Pahlawan di Jalan Pahlawan Surabaya sudah berusaha menurunkan kecepatnya, hanya saja warga terlalu banyak yang berada di atas viaduk.

"Kereta itu sudah berupaya mengurangi kecepatan sampai lebih kurang 15 km/jam, padahal kecepatan normal di jalur itu hanya 30 km/jam," sambungnya.

Gatut mengimbau kepada masyarakat agar tak bermain di sekitar viaduk. Karena jalur tersebut hingga kini masih aktif setiap harinya, untuk dilewati kereta penumpang ataupun barang.

"Jalur kereta api tersebut aktif setiap hari. Jadi sangat berbahaya bermain di jalur kereta api apalagi di jembatan atau viaduk. Karena kereta api tidak dapat mengerem mendadak," ucapnya. [way/suf]

Komentar

?>