Senin, 19 Nopember 2018

Musim Penghujan, Ini Warning BMKG di Kabupaten Malang

Jum'at, 09 Nopember 2018 16:29:29 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Musim Penghujan, Ini Warning BMKG di Kabupaten Malang

Malang (beritajatim.com) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso, memprediksi di Kabupaten Malang pada bulan November akan diguyur hujan dengan curah hujan itensitas tinggi.

Akibatnya, berbagai bencana terjadi di beberapa daerah. Setelah pohon tumbang lantaran diterjang hujan deras dan angin kencang beberapa waktu lalu, beberapa ruas jalan di tiga Kecamatan tergenang air yang memicu banjir.

Prakirawan BMKG Karangploso, Hana Amalina menyampaikan, ditahun 2018 ini musim hujan memang mengalami kemunduran, lantaran pada Oktober lalu, di Kabupaten Malang masih mengalami musim peralihan yang mengakibatkan suhu waktu itu lebih panas dibanding bulan sebelumnya, yakni mencapai 32° Celcius.

“Tahun 2018 ini musim peralihan dalam bulan Oktober, dan hujan turun pada bulan November. Berbeda dengan tahun lalu yang hujan turun di bulan September," ungkap Amalina, Jumat (9/11/2018).

Kata dia, pemicu mundurnya  musim penghujan, salah satunya karena faktor Topografi wilayah, karakteristik daerah yang beragam, serta kondisi angin, menjadi penyebab utama kemarau panjang di Kabupaten Malang. “Saat memasuki musim penghujan, itensitas air diprediksi akan semakin tinggi dan bisa mengakibatkan banjir serta longsor di bulan November ini,” tegasnya.

Sementara itu, hujan di awal November ini, mengakibatkan banjir di beberapa area jalan raya yang ada di daerah Kecamatan Sumberpucung, Pakisaji, dan Kepanjen. Akibatnya, para pengguna jalan terpaksa menghentikan laju kendaraan sementara waktu, sembari menunggu air yang menggenangi jalan surut, Kamis (8/11/2018) sore hingga mengakibatkan kemacetan. (yog/kun)

Tag : cuaca bmkg

Komentar

?>