Senin, 19 Nopember 2018

Ziarah dan Tabur Bunga Peringatan Hari Pahlawan

Kasrem Madiun: Cinta Tanah Air Harus Ditumbuhkan Pada Generasi Muda

Jum'at, 09 Nopember 2018 14:56:02 WIB
Reporter : D. Istimora
Kasrem Madiun: Cinta Tanah Air Harus Ditumbuhkan Pada Generasi Muda

Madiun (beritajatim.com) – Peringatan Hari Pahlawan harus melibatkan anak muda. Ini agar cinta tanah air tumbuh pada generasi muda. Kalau tidak ditumbuhkan semangat cinta tanah air ini, maka kita bisa tercerai berai.

Hal ini diungkapkan Kepala Staf Korem (Kasrem) 081/Dhirotsaha Jaya Letnan Kolonel (Inf) Agus Faridianto usai memimpin upacara ziarah dan tabur bunga dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 November di Taman Makam Pahlawan (TMP) Madiun, Jawa Timur, Jum’at (9/11/2018).

Letkol Agus mengatakan, ziarah dan tabur bunga yang dilaksanakan dalam rangka Hari Pahlawan 10 November tahun 2018 ini, adalah untuk mengenang jasa para pahlawan. Utamanya para mereka yang berjuang merebut Kota Surabaya yang dipimpin oleh Tomo. Namun ada tujuan besar selain hal itu, yaitu membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Semangat cinta tanah air ini, kata Letkol Agus, perlu ditumbuhkan khususnya di kalangan generasi muda bangsa Indonesia. “Salah satu caranya yaitu melibatkan generasi muda dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November ini, karena keutuhan NKRI adalah harga mati,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya, seluruh elemen bangsa wajib mengisi kemerdekaan ini dengan kemampuan yang dimiliki. “Agar dapat mencapai tujuan nasional yaitu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkasnya.

Pada hari yang sama, personel Kodim 0803/Madiun bersama BPBD, Linmas dan Masyarakat Kota Madiun menggelar karya bakti dengan sasaran pembersihan saluran air di sepanjang Jalan Pahlawan Kota Madiun. Mereka melakukan pengerukan tanah yang mengakibatkan pendangkalan sungai dan pembersihan rumput liar yang tumbuh di sungai sepanjang 300 meter dan lebar 3 meter.

“Karya bakti ini diprogramkan dalam rangka membantu Pemerintah Kota Madiun meningkatkan sarana prasarana yang digunakan oleh masyarakat seperti saluran air,” ujar Dandim 0803/Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto.

Dikatakannya, karya bakti ini sekaligus meningkatkan kemanunggalan TNI-rakyat serta meningkatkan kepedulian dan rasa gotong royong di masyarakat. [dil/ted]

Berita Terkait

    Komentar

    ?>