Kamis, 15 Nopember 2018

SPBU Meledak, Sopir Bus Jember Indah Terpanggang

Selasa, 06 Nopember 2018 22:48:09 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
SPBU Meledak, Sopir Bus Jember Indah Terpanggang

Jember (beritajatim.com) - Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) 54.681.10 di Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur, meledak dan terbakar, Selasa (6/11/2018) malam. Seorang sopir bus Jember Indah tewas terpanggang dalam kejadian tersebut.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.45 WIB. Saat itu, bus Jember Indah masuk ke area SPBU untuk mengisi bahan bakar. Tak ada penumpang di dalamnya. "Bus itu mendadak menabrak dispenser atau pompa bahan bakar saat hendak berbelok," kata Komandan Regu A Pemadam Kebakaran Suharto.

Tabrakan itu mengeluarkan percikan api. Ledakan terjadi. Pompa atau dispenser bahan bakar terbakar lebih dulu dan merambat cepat ke bus tersebut. Sopir bus tak sempat menyelamatkan diri dan terpanggang. "Tak ada kondekturnya," kata Suharto.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan dan dibutuhkan waktu satu jam untuk memadamkan api. Pemadaman pertama oleh petugas SPBU tak maksimal dilakukan. "Dari tujuh APAR (Alat Pemadam Api Ringan), hanya satu yang berfungsi. Itu pun saya paksa," kata Suharto.

Petugas pemadam kebakaran masih harus menunggu setelah api dipadamkan, karena takut terjadi ledakan kembali. "Takut masih panas, masih ada percikan, takut meledak. Kami stand by dulu satu jam," kata Suharto.

Kebakaran ini menjadi perhatian warga sekitar dan membuat kemacetan di jalur Jember-Surabaya. Mayat dibawa ke RS Daerah dr. Soebandi Jember. [wir]

Tag : kebakaran

Komentar

?>