Minggu, 18 Nopember 2018

Terekam Speed Gun, Puluhan Mobil Ditilang di Tol Jalan Surabaya-Mojokerto

Selasa, 16 Oktober 2018 18:28:39 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Terekam Speed Gun, Puluhan Mobil Ditilang di Tol Jalan Surabaya-Mojokerto

Gresik (beritajatim.com)- Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di Jalan Surabaya-Mojokerto.

Dirlantas Polda Jatim, dan PT Jasa Marga serta Polres Gresik, dan Sidoarjo mengecek laju kendaraan dengan alat 'speed gun' di Km 7,30 Driyorejo,Gresik-Krian, Sidoarjo.

Ada puluhan kendaraan dilakukan tilang di tempat di exit tol Warugunung jalan tol Surabaya-Mojokerto.

Kendaraan tersebut diberhentikan karena melanggar batas kecepatan. Terekam alat speed gun yang dipasang oleh petugas.

Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Heri Wahono mengatakan, kegiatan operasi ini merupakan salah satu program kerjasama dengan polres jajaran.

Diantaranya, Polda Jatim, Polres Gresik dan Polres Sidoarjo. Termasuk dengan pengelolah jalan tol PT Jasa Marga.

"Kami melakukan penindakan pelanggaran terhadap pengemudi yang melebihi batas kecepatan maksimal. Sebab, kecenderunganmya pengemudi yang melintasi jalan tol Waru hingga Ngawi memacu kendaraannya, dan ini sangat berbahaya berpotensi menimbulkan kecelakaan," katanya, Selasa (16/10/2018).

Lebih lanjut Kombes Heri Wahono mengatakan, sebagai upaya menakan laka di jalan tol pihaknya juga memasang rambu peringatan lalu lintas serta melakukan patroli secara rutin.

"Kali ini kami lebih menekan pada respresif supaya pengendara yang melintas di jalan tol selamat, dan lancar," ujarnya.

Ia menambahkan, operasi penindakan kecepatan laju kendaraan akan terus dilakukan secara berkesinambungan menjelang pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2018 yang berlangsung dalam waktu dekat.

"Ada tujuh skala prioritas penindakan yang ditekankan pada operasi tersebut. Diantaranya, pemakaian helm yang ber-SNI, pengemudi dibawah umur, tidak memakai sabuk pengaman, over speed, melawan arus, berkendara dengan kondisi terpengaruh alkohol, berkendara menggunakan ponsel, serta pelanggaran lainnya," tambahnya.

Berdasarkan catatan Dirlantas Polda Jatim. Selama Januari hingga awal Oktober 2018. Ada 54 kejadian laka lantas di jalan tol Surabaya-Mojokerto. Dari jumlah itu, korban meninggal dunia tiga orang," tambahnya.

Dirut PT Jasa Marga Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Budi Pramono menyatakan panjang jalan tol yang dikelolahnya ada 36 kilometer. Dari jumlah itu, masih ada pengendara yang tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

"Jalan tol Surabaya-Mojokerto kecenderungan lurus. Sehingga, banyak pengemudi memacu kendarannya dengan kecepatan tinggi," ungkapnya.

Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto menyatakan, jalan tol Surabaya-Mojokerto masuk skala prioritas pengamanan. Sebab, masih ada pengemudi yang lalai saat memacu kendaraannya.

"Melalui penindakan ini diharapkan pelanggaran lalu lintas di jalan tol bisa ditekan," pungkasnya. [dny/ted]

Tag : tilang gresik

Komentar

?>