Minggu, 18 Nopember 2018

Sniper Berkeliaran di Jembatan Kali Porong

Selasa, 16 Oktober 2018 13:25:44 WIB
Reporter : M. Ismail
Sniper Berkeliaran di Jembatan Kali Porong

Sidoarjo (beritanatim.com) - Hati-hati saat melintas di jembatan Porong lama, mulai pukul 6.00 sampaj 8.00 WIB. Pasalnya akhir-ahkir ini sejumlah penembak jitu atau sniper memenuhi jembatan yang menghubungkan Kabupaten Sidoarjo dengan Kabupaten Pasuruan ini.
 
Namun mereka bukan penembak jitu sebuah kejahatan atau kriminal. Melainkan mereka membidik ikan-ikan di Kali Porong yang terlihat mabuk di air.

Ikan-ikan tersebut menampakkan diri ke permukaan air diduga akibat limbah yang mencenari Kali Porong. Dan para penembak jitu menangkapnya dengan cara menembak terlebih dahulu.
 
Modal mereka hanya senapan angin yang di modifikasi sedemikian rupa. Untuk proyektilnya bukan pelor melainkan jarum yang besar kemudian diberi senar pancing yang panjang.

Pada saat di tembakan ke sasaran ikan. Ikan bisa langsung diangkat dari permukaan air. Selain itu modal yang utama yakni kejelian menembak tepat sasaran di badan ikan.
 
"Alhamdulillah,  hari ini mendapat ikan yang cukup lumayan,  bahkan ada yang super besar," kata Samsul (24) warga Kejapanan Gempol Pasuruan, Selasa (16/10/2018).
 
Dia menambahkan, saat musim kemarau ikan di Kali Porong banyak yang menampakkan diri. Warga menduga Ikan-ikan ini pada mabuk, diduga karena limbah. Menangkap ikan dengan cara menembak ini merupakan satu-satunya cara karena meski terlihat mabuk ikan akan lari bila didekati manusia.
 
"Kalau kita tangkap ikan tersebut dengan jaring atau alat lain, ikan akan lari dan masuk ke kedalaman air. Meski terlihat mabuk tapi ikan masih gesit," tandasnya.
 
Hal yang sama juga dikatakan Rudi (24) warga Gempol. Dirinya mengaku, hampir setiap pagi mangkal diatas jembatan untuk mencari ikan yang mabuk. Setiap harinya bisa menghasilkan ikan berbagai jenis sekitar 2 hingga 3 kilogram.
 
"Setiap hari saya menembak ikan diatas jembatan Kali Porong. Hasilnya cukup lumayan, dan bisa buat masakan rame-rame bersama warga kampung. Tapi kalau ada yang minat membelinya, ya saya jual dengan harga sepantasnya," imbuh Rudi.
 
Jenis ikan yang biasa ditembak beragam jenis. Yakni ikan Nila, Mujair, Bader hingga ikan Lele. Bahkan kalau beruntung kadang juga mendapat ikan Gabus yang juga banyak disukai orang. [isa/but]

Tag : fenomena

Komentar

?>