Sabtu, 17 Nopember 2018

Bagaimana Risiko Bencana Gempa di Bojonegoro?

Selasa, 16 Oktober 2018 13:15:18 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Bagaimana Risiko Bencana Gempa di Bojonegoro?
Foto ilustrasi

Bojonegoro (beritajatim.com) - Hasil kajian bencana yang dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kabupaten Bojonegoro memiliki potensi terjadi bencana gempa bumi. Namun, potensi gempa yang terjadi masih kecil.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Nadif Ulfia mengatakan, kajian risiko bencana yang dilakukan BNPB itu mulai berlaku tahun 2017 hingga 2021. "Tingkat risiko gempa di Bojonegoro rendah," ujarnya, Selasa (16/10/2018).

Tingkat resiko bencana gempa yang rendah itu, kata Nadif Ulfia, karena di Kabupaten Bojonegoro berdasarkan nilai historisnya belum pernah terjadi. Namun, hasil pemeriksaan yang dilakukan BNPB ada patahan lempeng batuan yang rawan geser.

Data di BPBD Bojonegoro, dari Pusat Fulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi mencatat ada 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro rawan terkena gempa. Pergeseran lempeng batuan yang ada di perut bumi bagian daerah tersebut besar, sehingga rawan terjadi gempa.

Sebanyak 10 daerah yang dilaporkan oleh Pusat Fulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi itu yakni, Kecamatan Malo, Kasiman, Purwosari, Gayam, Tambakrejo, Bubulan, Gondang, Sekar, Temayang dan Sugihwaras.

"Daerah rawan gempa yang terjadi di Kabupaten Bojonegoro itu karena bisa jadi gesekan batu lempeng yang berada di perut bumi besar," ujarnya

Kabupaten Bojonegoro sendiri, khususnya di wilayah barat, seperti Purwosari, Gayam, Malo maupun Kasiman memiliki karakteristik tanah gerak. Jalan yang ada di Kecamatan tersebut kondisinya bergelombang dan retak-retak.

Saat ini jalan yang bergelombang tersebut dicor. Namun sebagian masih retak akibat pergeseran tanah. Selain gempa, salah satu daerah di Bojonegoro juga rawan longsor. Daerah rawan yakni Kecamatan Temayang, Ngambon, Sugihwaras, Tambakrejo, Margomulyo, Bubulan, Purwosari, Malo, Kasiman dan Trucuk. [lus/but]

Tag : gempa bumi

Komentar

?>