Jum'at, 19 Oktober 2018

Gunung Penanggungan Terbakar, Situs Purbakala Aman

Jum'at, 12 Oktober 2018 19:24:27 WIB
Reporter : Misti P.
Gunung Penanggungan Terbakar, Situs Purbakala Aman

Mojokerto (beritajatim.com) - Terkait kebakaran yang terjadi di Gunung Penanggungan, Badan Penyelamatan Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur memastikan tidak ada kerusakan di situs purbakala. Hal tersebut juga dibenarkan relawan SAR Penanggungan.

Salah satu relawan SAR Penanggungan, Purwanto menjelaskan, hingga saat ini relawan dan sejumlah petugas dari instansi terkait masih terus berupaya melakukan pemadaman kebakaran hutan di Gunung Penanggungan.

"Selasa sudah sempat padam tapi keesokan harinya tampak ada asap putih lagi. Kelihatannya api kembali menyala. Kita terus berupaya melakukan pemadaman hingga saat ini," ungkapnya, Jumat (12/10/2018).

Masih kata Purwanto, kondisi situs purbakala di Gunung Penanggungan saat ini, hanya ilalang yang terbakar. Karena situs purbakala di area Gunung Penanggungan terbuat dari batu sehingga aman dari kebakaran.

"Hanya ilalang saja yang terbakar. Untuk situsnya kelihatannya aman karena sebagian besar situs terbuat dari batu sehingga tidak mudah terbakar. Tapi memang lokasi yang terbakar ada di beberapa situs purbakala," katanya.

Yakni di Candi Bayi, Candi Gentong, Candi  Pura, Candi  Putri, Candi Shinta, Candi Pendowo, Candi  Lemari, Candi Naga 1, Candi Naga 2, Candi Kendali Sodo, Candi Carik, , Candi Lurah, Candi Kama, Candi Wisnu dan Candi Guru. [tin/but]

Komentar

?>