Jum'at, 19 Oktober 2018

Gunung Penanggungan Terbakar, BPCB Jatim: Situs Purbakala Aman

Jum'at, 12 Oktober 2018 18:39:24 WIB
Reporter : Misti P.
Gunung Penanggungan Terbakar, BPCB Jatim: Situs Purbakala Aman

Mojokerto (beritajatim.com) – Sempat diberitakan jika sejumlah situs purbakala di lereng Gunung Penanggungan terbakar akibat kebakaran hutan di Gunung
Penanggungan. Namun hal tersebut dibantah Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

BPCB Jawa Timur di Trowulan, Kabupaten Mojokerto memastikan jika situs-situs purbakala di lereng Gunung Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto aman dari kebakaran hutan. Pasalnya, selain dari batu dan sudah dibuat pagar dengan radius tertentu.

Kasi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan, BPCB Jawa Timur, Kuswanto mengatakan, pihaknya berani menjamin jika situs-situs yang berada di Gunung Penanggungan saat ini dipastikan aman. "Meskipun ada kebakaran hutan di sekitar situs purbakala, situs tidak akan terbakar," ungkapnya, Jumat (12/10/2018).

Masih kata Kuswanto, melihat pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, jika situs purbakala yang berada di Gunung Penanggungan masih aman dari kebakaran. Karena situs purbakala di Gunung Penanggungan terbuat dari batu sehingga tidak mudah terbakar dan aman.

"Kami telah melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk melindungi situs-situs purbakala yang berada disana. Kami juga memberikan pagar hidup untuk melindungi situs-situs tersebut yakni berupa tanaman, radiusnya juga sudah kami pertimbangkan sehingga situs-situs tetap aman," katanya.

Pohon-pohon di sekitar situs, lanjut Kuswanto, juga minim sehingga pihaknya tidak khawatir situs tertimpa pohon tumbang. Pihaknya berharap, kebakaran hutan di Gunung Penanggungan bisa segera teratasi sehingga pihaknya bisa melakukan perawatan situs-situs purbakala di Gunung Pawitra.[tin/ted]

Komentar

?>