Kamis, 18 Oktober 2018

Warga Kedungbanteng dan Lapindo Bersih-bersih Sungai

Jum'at, 12 Oktober 2018 17:29:30 WIB
Reporter : M. Ismail
Warga Kedungbanteng dan Lapindo Bersih-bersih Sungai

Sidoarjo (beritajatim.com) - Warga di Desa Kedungbanteng, Kecamatan Tanggulangin bersama Lapindo Brantas Inc. gotong royong membersihkan tumpukan sampah di sungai desa setempat.

Pembersihan sampah sungai terpaksa harus menggunakan alat berat karena volume sampah  sangat banyak. Sampah yang berhasil dikeruk dengan excavator diangkut truk yang tersedia. Tumpukan sampah yang sangat memperihatinkan tampak di wilayah RT 3 RW 2 Desa Kedungbanteng.

Di sungai terlihat banyak sampah rumah tangga dari plastik dan tanaman enceng gondok. Tumpukan sampah dan tanaman enceng gondok mengakibatkan aliran air di sungai ini mampet dan rawan menimbulkan banjir.

Volume sampah di sungai Desa Kedungbanteng diperkirakan mencapai ratusan meter kubik. Satu unit truk yang didatangkan harus bolak-balik beberapa kali membawa sampah ke tempat pembuangan.

"Keberadaan sampah ini sangat mengganggu. Kami senang dari pihak Lapindo mempelopori untuk gotong royong membersihkan sampah tersebut," kata Ghofur warga RT 3 RW 2 Desa Kedungbanteng Jumat (12/10/2018).

Ghofur menambahkan, bau yang ditimbulkan akibat sampah itu sangat busuk. Selain mengganggu pemandangan, tumpukan sampah bisa menimbulkan penyakit karena banyaknya barang busuk yang mengundang lalat. "Setiap hari baunya sampah sangat menyengat. Setelah dibersihkan, sekarang sudah tidak bau lagi," imbuh Ghofur.

Humas Lapindo Brantas Inc Moh Ihwan mengatakan, kegiatan pembersihan sungai itu dilakukan secara spontanitas. Salah satu tokoh desa tiba-tiba meminta pihak Lapindo untuk mendatangkan alat berat dan truk untuk membersihkan tumpukan sungai itu.

"Kami memenuhi permintaan warga sebagai bentuk kepedulian Lapindo untuk berpartisipasi menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan," terang Ihwan.

Namun Ichwan berharap kesadaran warga, terutama yang menetap di bantaran sungai untuk lebih peduli terhadap sampah. Sebab setelah dibersihkan, sampah biasanya akan segera menumpuk lagi di sungai pada beberapa hari ke depan.

Untuk menciptakan lingkungan bersih dan tertata, pihak Lapindo juga menjalin kerja sama dengan warga menanam bunga dan pohon, sehingga lingkungan warga menjadi bersih, hijau, dan asri. (isa/kun)

Tag : sampah lapindo

Komentar

?>