Kamis, 18 Oktober 2018

Gempa di Pulau Sapudi, Pemprov Jatim Janji Perbaiki Rumah Rusak

Kamis, 11 Oktober 2018 19:25:00 WIB
Reporter : Temmy P.
Gempa di Pulau Sapudi, Pemprov Jatim Janji Perbaiki Rumah Rusak

Sumenep (beritajatim.com) - Pemerintah Provinsi siap menanggung perbaikan semua rumah yang rusak akibat gempa di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, karena semua kerusakan akibat gempa ini akan menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Timur," kata Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, saat mengunjungi langsung korban gempa di Pulau Sapudi, Kamis (11/10/2018).

Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jawa Timur, ke Pulau Sapudi menggunakan helikopter, bersama Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, dan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman.

Setiba di Pulau Sapudi, Gubernur menemui korban gempa di Desa Prambanan, Kecamatan Gayam. Kemudian mengunjungi para korban gempa yang masih dirawat di Puskesmas Gayam.

"Untuk memperbaiki rumah yang rusak harus dilakukan pemetaan terlebih dahulu. Mana yang rusak berat, sedang, ringan. Setelah itu, baru bisa dilakukan perbaikan. Skema ini sudah pernah kami lakukan saat menangi bencana erupsi Gunung Kelud," terangnya.

Menurut Pakde, terkait dengan bencana, khususnya gempa bumi, belum ada ilmu yang secara pasti mengetahui kapan akan terjad gempa.

"Karena itu harus dipersiapkan sejak dini, tim yang siap menangani bencana, yakni Pemprov Jatim bekerja sama dengan TNI dan Polri," ujarnya.

Pada Kamis dini hari, pukul 01.46 WIB, terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 6,3. Episenter gempa bumi berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Situbondo. Hasil monitoring BMKG, terjadi lagi gempa susulan dengan magnitudo 3,4 pada pukul 02.30 WIB.

Daerah terparah yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut adalah Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep. Ratusan rumah rusak. Puluhan warga luka-luka, dan tiga warga meninggal akibat tertimpa reruntuhan rumah. [tem/but]

Tag : gempa bumi

Komentar

?>