Jum'at, 19 Oktober 2018

Sejumlah Rumah di Jember Ambruk

Kamis, 11 Oktober 2018 10:40:41 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Sejumlah Rumah di Jember Ambruk

Jember (beritajatim.com) - Sejumlah rumah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, ambruk dan rusak akibat gempa berkekuatan Gempa berkekuatan 6,4 skala richter yang terjadi pada pukul 01.44 WIB, Kamis (11/10/2018).

Data Jember Disaster Respons (JDR) menemukan tembok bagian belakang sebuah rumah milik Zainal di RT 01 RW 05 Dusun Botosari, Desa Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi ambruk. "Untunglah arah ambruknya ke luar, sehingga tak menimpa anggota keluarga," kata Wakil Ketua JDR Mamang Pratidina.

Hal serupa juga menimpa rumah Hasyim di RT 02 RW 09, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Kaliwates. Dinding ruang tamu rumah tersebut ambruk. Tembok rumah milik Slamet di RT yang sama juga demikian.

"Kami juga menemukan ada 10 titik rumah warga yang temboknya retak-retak ahak parah. Bahkan sinar bisa terlihat masuk dari sela-sela retakan, dan ada yang disangga bambu. Ini kalau tak segera dibenahi bisa berbahaya," kata Mamang.

Mamang menyerukan kepada pemangku kebijakan daerah untuk bekerjasama dengan polisi dan TNI agar bisa memantau seluruh lokasi di Jember. "Masyarakat juga harus tanggap bencana. Ketika ada gempa, segera kenali titik kumpul aman dan mencari rute evakuasi aman. Jangan lupa persiapkan semua dokumen berharga di tempat yang mudah diraih begitu bencana terjadi," katanya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan kepolisian, baru ada satu korban gempa yakni Abdul Azis (24), warga Dusun Pondokmiri, Desa Pondokrejo, Kecamatan Tempurejo. Tidak ada korban jiwa. "Tapi tembok dapur rumahnya roboh dan tembok rumahnya retak," kata Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo. [wir/kun]

Tag : gempa bumi

Komentar

?>