Minggu, 21 Oktober 2018

Banyak Kendaraan Lalu Lalang di CFD

Minggu, 23 September 2018 21:07:40 WIB
Reporter : M Muthohar
Banyak Kendaraan Lalu Lalang di CFD


Tuban (beritajatim.com) - Meski telah ditetapkan sebagai kawasan Car Free Day (CFD) pada setiap hari Minggu pagi, namun keberadaan jalan Sunan Kalijogo, Kota Tuban masih banyak dilalui kendaraan, Minggu (23/9/2018).

Banyaknya, kendaraan yang masih melewati jalan Sunan Kalijogo atau sekitar GOR Tuban itu dinilai kurangnya kesadaran masyarakat tentang Car Free Day. Selain itu, juga akibat tidak adanya penjagaan dari aparat keamanan yang melakukan pengamanan di jalan yang ditutup itu.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, setiap Minggu sepanjang jalan Sunan Kalijogo telah ditutup untuk digunakan kawasan CFD. Biasanya penutupan jalan itu sejak pagi sampai dengan pukul 10.00 WIB. Selama itu, sayogyanya semua jenis kendaraan bermotor dilarang melintas.

Namun, meski telah dilakukan penutupan, masih banyak kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil yang melalui jalan tersebut. "Kalau dulu awal-awal tidak ada kendaraan bermotor yang lewat. Tapi akhir-akhir semakin banyak," terang Herman, salah satu warga yang biasa jalan-jalan pagi di kawasan CFD.

Penutupan jalan Sunan Kalijogo mulai dari Kecamatan Kota Tuban untuk dari timur dan yang dari barat mulai dari perempatan patung. Namun, pada titik jalan yang ditutup itu tidak ada petugas dari kepolisian maupun dari pihak Dinas Perhubungan.

"Selama ini (Car Free Day) sudah ditangani oleh paguyuban. Kalau dari paguyuban yang jaga pintu masuk itu sama pengunjung tidak dianggap. Harapannya, memang harus ada suport dari aparat keamanan (Polisi atau Dinas Perhubungan) untuk mencegah kendaraan bermotor masuk," terang Agus Wijaya, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban.

Menurutnya, untuk internal paguyuban pedagang di CFD itu sudah membuat komitmen bersama untuk tidak membawa kendaraan masuk ke lokasi CFD, kecuali kendaraan bermotor yang digunakan untuk berjualan. Untuk para pengunjung CFD sudah disediakan parkir di titik barat dan juga timur sebelum masuk jalan Sunan Kalijogo.

"Kalau internal paguyuban sudah komitmen supaya memberi contoh jangan memasukkan mobil, kecuali yang digunakan untuk jualan. Masih banyak masyarakat dan pengunjung yang belum sadar (tentang Car Free Day) ini, makanya kalau dari paguyuban yang jaga tidak dianggap. Ini yang dikeluhkan para paguyuban," pungkasnya. [mut/suf]

Tag : car free day

Komentar

?>