Sabtu, 20 Oktober 2018

Jembatan Penghubung Diperbaiki

Pemuda Karang Taruna Trowulan Bangun Jembatan Bambu

Jum'at, 21 September 2018 11:07:27 WIB
Reporter : Misti P.
Pemuda Karang Taruna Trowulan Bangun Jembatan Bambu

Mojokerto (beritajatim.com) - Jembatan yang menghubungkan dua kecamatan di Kabupaten Mojokerto tepatnya  di Jalan Dusun Lengkong, Desa Jambuwok, Kecamatan Trowulan masih dalam perbaikan. Ini menyusul pelebaran jalan di jalur tersebut sehingga lebar jembatanpun disesuaikan.

Selama dalam perbaikan, bagi pengendara khususnya mobil dari arah Lengkong hendak ke Kecamatan Jatirejo atau sebaliknya harus memutar balik kemudinya. Kareja perbaikan jembatan masih dalam tahap pemasangan paku bumi, sementara bagi pengendara sepeda roda dua masih bisa melintas.

Karena pemuda karang taruna setempat membuat jembatan alternatif yang terbuat dari bambu. Sehingga bagi pengendara roda dua masih bisa melintas meskipun harua sedikit berhati-hati karena jembatan terbuat dari bambu. Namun begitu jembatan ini masih menjadi pilihan pengendara roda dua.

Jembatan bambu alternatif tersebut berada di sisi sebelah kanan Jembatan Lengkong yang diperbaiki. Jembatan bambu tersebut berukuran 6 x 1,5 meter, di sisi lain pengendara roda dua harus melewati tanah lapang yang berpasir untuk dapat melintas di jembatan bambu tersebut.

Menginjak sore hari volume pengendara roda dua semakin padat, pasir-pasir itu bertebaran terhempas oleh roda motor. Sebagian pengendara roda dua yang tak menggunakan masker menutupi mata dan hidungnya dengan tangan. Mereka mengaku terpaksa karena jika memutar terlalu jauh.

Salah satu pengendara roda dua, Ayu Anggraeni mengatakan, ia terpaksa melewati jembatan bambu agar tak memutar jauh. "Rumah di Dinoyo, Jatirejo, kerja di RA Basuni. Memang lebih cepat kalau lewat Dusun Lengkong. Kalau lewat jalan lain lebih jauh dan memakan waktu," ungkapnya, Jum'at (21/9/2018).

Masih kata Ayu, jembatan bambu tersebut sangat membantunya dalam beraktivitas. Perbaikan jembatan tersebut diakui cukup menganggu karena jembatan terletak di jalan alternatif utama penghubung Lengkong, Kecamatan Trowulan dan Jatirejo.

"Tetapi perbaikan itu kan tujuannya untuk memperlebar jembatan, kalau sudah jadi pasti berdampak positif bagi pengendara. Untuk saat ini memang cukup menganggu karena harus lewat jembatan bambu, lewat jalan lain harus memutar jauh," katanya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Jambuwok, Ayuhan mengatakan, pembuatan jembatan bambu merupakan inisiatif dari pemuda desa. "Kami secara swadaya membangun jembatan ini, untuk membantu pengendara roda dua. Kami lakukan perbaikan setiap 2 minggu dari hasil sumbangan sukarela pengendara motor," pungkasnya.[tin/ted]

Tag : trowulan

Komentar

?>