Rabu, 17 Oktober 2018

Puluhan Anak Khitan Massal di Haul Sunan Bonang

Kamis, 20 September 2018 16:24:37 WIB
Reporter : M Muthohar
Puluhan Anak Khitan Massal di Haul Sunan Bonang

Tuban (beritajatim.com) - Sebagai kegiatan rutin dalam rangkaian Haul Sunan Bonang Tuban, panitia selalu mengadakan khitanan massal secara gratis untuk warga masyarakat dari wilayah Tuban sendiri maupun dari kabupaten lainnya, Kamis (20/9/2018).

Jumlah peserta yang ikut untuk khitan secara gratis yang berlangsung di kawasan komplek Masjid Astana, Makam Sunan Bonang Tuban itu terus bertambah mencapai puluhan anak. Para warga yang ikut dalam khitanan massal itu berharap berkah dari salah satu Wali Songo tersebut.

Pada pelaksanaan Haul Sunan Bonang Tahun ini, jumlah peserta khitan massal tersebut sebanyak 82 anak. Puluhan anak-anak yang ikut khitanan massal itu rata-rata masih berusia 10 tahun sampai dengan 12 tahun dan berasal dari berbagai kecamatan di Tuban Bumi Wali ini.

"Kegiatan Khitan Massal ini sudah menjadi agenda rutin setiap Haul Sunan Bonang. Partisipasi masyarakat yang ikutpun setiap tahun juga semakin meningkat," terang H Faisol Rozi, yang merupakan Ketua Panitia Pengarah Haul Sunan Bonang Tuban.

Setelah Khitanan Massal, kegiatan dalam rangkaian haul Sunan Bonang itu dilanjutkan dengan Tahlil Akbar yang berlangsung di Makam Sunan Bonang yang diikuti jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Tuban dan ribuan jamaah. Selanjutnya, acara tahunan tersebut ditutup dengan pengajian umum yang berlangsung di Alun-alun Kota Tuban.

"Semoga kedepannya serangkaian kegiatan Haul Sunan Bonang ini partisipai dari masyarakat terus meningkat," harapnya.

Sementara itu, salah satu orang tua dari peserta dari khitanan massal itu mengaku sangat senang bisa mengikutkan anaknya untuk Khitan di Haul Sunan Bonang itu. Ia berhadap mendapatkan berkah dari Syekh Maulana Makdum Ibrahim dan anaknya bisa menjadi anak yang sholeh.

"Memang anak saya ini sudah kelas lima SD dan sudah ingin khitan. Senang mas anak saya bisa ikut khitan massal di Haul Sunan Bonang, semoga mendapatkan berkahnya Sunan Bonang," terang Jidan (40), orang tua dari peseta khitan massal asal Desa Tobo, Kecamatan Merakurak, Tuban. [mut/but]

Komentar

?>