Senin, 10 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Seribu Tenaga Honorer Demo Kantor Bupati, Tolak Batas Umur Seleksi CPNS K2

Kamis, 20 September 2018 14:43:56 WIB
Reporter : Temmy P.
Seribu Tenaga Honorer Demo Kantor Bupati, Tolak Batas Umur Seleksi CPNS K2

Sumenep (beritajatim.com) - Lebih dari seribu tenaga honorer Kategori Dua (K2) di Kabupaten Sumenep, berunjuk rasa ke kantor Bupati setempat, Kamis (20/09/2018). Mereka menuntut agar batasan umur dalam seleksi CPNS untuk K2 dihapus. Mereka juga meminta agar pelaksanaan tes CPNS ditunda.

"Kami sudah puluhan tahun mengabdi menjadi tenaga guru honorer. Tapi ternyata pemerintah akan melakukan tes CPNS umum dan ada batasan-batasan yang mengganjal kami ikut seleksi, seperti batasan umur," kata Koordinator Forum Honorer Kategori Dua Sumenep, Abd Rahman.

Ia mendesak agar pemerintah mengangkat K2 secara otomatis menjadi CPNS tanpa tes, mengingat lamanya pengabdian yang telah dilakukan K2 sebagai guru. "Kami minta Pemkab Sumenep mendukung tuntutan-tuntutan kami dengan bersurat kepada Presiden RI dan Menpan, agar ada percepatan pengangkatan K2 menjadi CPNS," ujarnya.

Jumlah tenaga honorer K2 di Sumenep sebanyak 1.321 orang. Seluruhnya mengabdi sebagai guru di berbagai lembaga pendidikan. "Jumlah tenaga pendidik di Sumenep ini didominasi oleh tenaga honorer yang sudah mengabdi bertahun-tahun. Harusnya tidak perlu ada tes CPNS. Kalau memang ada persyaratan secara administrasi yang kurang, kami akan memenuhinya," tandas Rahman.

Sementara Sekretaris Daerag Kabupaten Sumenep, Edy Rasyiadi menjelaskan, beberapa waktu lalu! pihaknya telah menyampaikan keinginan para tenaga honorer kepada Menpan), agar K2 diangkat secara langsung. "Mungkin saat ini dalam pembahasan di Kementerian pendayagunaan aparatur negara, karena kami memang sudah menyampaikan beberapa waktu lalu," ucapnya.

Namun demikian, lanjut Edy, pihaknya siap untuk kembali mengirimkan surat kepada Menpan), sebagai bentuk dukungan terhadap K2 tersebut. "Kami segera berkirim surat kembali ke Menpan RB sebagai penegasan atas keinginan para tenaga honorer K2 ini," ujarnya.

Puas berorasi secara bergantian di Kantor Bupati Sumenep, para tenaga honorer K2 berjalan kaki menuju kantor DPRD setempat. Untuk penerimaan CPNS 2018, formasi Sumenep sebanyak 372 orang. Rinciannya, tenaga guru dari unsur K2 sebanyak 163 orang, tenaga guru kategori umum 40 orang, tenaga kesehatan 125 orang, dan tenaga teknis lainnya sebanyak 44 orang. (tem/kun)

Tag : demo honorer

Komentar

?>