Minggu, 21 Oktober 2018

Ratusan KK di Kediri Alami Krisis Air Bersih

Selasa, 18 September 2018 21:52:11 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Ratusan KK di Kediri Alami Krisis Air Bersih
foto: ilustrasi

Kediri (beritajatim.com) - Masyarakat di Desa Sepawon, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri mengalami krisis air bersih selama beberapa hari. Penyebabnya, pipa air sepanjang 780 meter dengan ukuran empat dim yang mengalirkan air bersih ke kampung mengalami kerusakan.

Kerusakan terjadinya kebakaran di bukit Ringin Putih seluas 0,2 hektar. Lahan yang terbakar tersebut berada di kawasan HGU PTPN XII dan milik BBWSB 942 m2.

Data dari BPBD Kabupaten Kediri menyebutkan ada sekitar 700 kepala keluarga (KK) saat ini sangat membutuhkan pasokan air bersih. BPBD berkordinasi dengan intansi terkait dalam memadamkan kebakaran dengan membuat ilarang atau sekat bakar.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, BPBD melakukan droping air bersih yang diberikan melalui truk tangki pengankut air. Tercatat sejak Minggu (16/9/2018) hingga sekarang bantuan air bersih yang sudah diberikan sebanyak tujuh truk tangki. 

Pemkab Kediri akan mengirimkan bantuan pipa. Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randy Agatha mengatakan, telah mengerahkan sejumlah anggota BPBD untuk stand by dilokasi. BPBD berusaha agar masyarakat tak mengalami krisis air.

BPBD menduga kebakaran yang terjadi di Bukit Ringin Putih disebabkan karena adanya aktivitas pencari landak yang diindikasi melakukan pengasapan pada lubang landak. [nng/suf]

Tag : kemarau

Komentar

?>