Jum'at, 14 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Sisi Lain Pantai Bantol: Penuh Pesona, Tapi Bahaya

Senin, 17 September 2018 06:54:47 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Sisi Lain Pantai Bantol: Penuh Pesona, Tapi Bahaya

Malang (beritajatim.com) - Wisatawan pantai di Kabupaten Malang tergulung ombak. Dua mahasiswa Unair Surabaya meninggal saat perahu karet yang ditumpanginya terhempas gelombang di Pantai Bantol.

Bagi masyarakat umum, nama Pantai Bantol mungkin kurang familiar jika dibandingkan dengan Pantai Balekambang maupun Ngliyep. Namun bagi pecinta alam sekaligus penghobi wisata pantai, Bantol kerap jadi jujukan.

Sebagai informasi, Pantai Bantol berada cukup jauh dari pusat Kota Malang. Lebih kurang 60 kilometer ke arah Selatan. Pantai Bantol terletak di Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Pada dasarnya, Bantol seperti sebuah teluk. Pantai ini memiliki daya tarik eksotik yang tinggi. Selain pemandangan alamnya masih asri, air jernih laut dipadu warna-warni batu koral alam, membuat para pecinta alam terutama mahasiswa akan terpesona. Namun, jika ombak besar atau musim gelombang tinggi tiba, Bantol bisa sangat berbahaya.

Bantol juga punya spot menakjubkan untuk menyelam. Gugusan karang yang tersorot sinar matahari senja, menjadikan waktu menikmati matahari terbenam paling eksotis hanya ada di Bantol. Tapi, wisatawan harus ingat, ada bulan-bulan tertentu dengan cuaca bersahabat jika ingin menikmati Pantai Bantol.

Hal tak kalah eloknya yakni teluk Bantol ini surganya lobster berbagai jenis. Di sini terdapat lobster warna, lobster macan dan lobster kembang. Jika anda penikmat kuliner udang, Bantol bak rumah bagi koloni hewan air asin tersebut.

Pantai Bantol sejauh ini memang belum dikenal secara umum karena jauhnya dari perkampungan. Pengunjung biasanya adalah kelompok pecinta alam dan peziarah yang datang pada saat-saat tertentu saja. Peziarah, karena di atas teluk Bantol yang berupa karang, terdapat sebuah pesanggrahan.

Untuk dapat mendatangi pantai Bantol, wisatawan juga harus menempuh jalan tanah dan makadam melewati jati. Di pantai ini terdapat sedikit hutan bakau (mangrove) yang biasanya jarang ditemukan di daerah pantai selatan. Sehingga, hal itu menambah keindahan Bantol dari sejumlah pantai di Kabupaten Malang bagian selatan.

Yang menjadi keunikan Bantol lainnya adalah, pantai tersebut airnya jernih. Masih cukup bersih dari sampah yang berserakan. Dan, gelombang laut tidak terlalu besar karena berada di sebuah teluk dan dilindungi gugusan karang sepanjang garis pantai.

Akan tetapi, hal itu berubah berbahaya saat musim pasang. Ombak besar bisa menyapu pinggir pantai dengan deras. Pada saat air surut, gugusan karang akan terlihat jelas dan cantik. Selebihnya, Bantol juga punya danau air payau. Dikelilingi hutan jati dan gua kapur (gamping). Inilah sisi lain Pantai Bantol di ujung selatan Kabupaten Malang yang memesona. [yog/suf]

Komentar

?>