Sabtu, 17 Nopember 2018

Ribuan Siswa di Banyuwangi Ikuti Gerak Jalan Tradisional

Sabtu, 25 Agustus 2018 22:03:14 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Ribuan Siswa di Banyuwangi Ikuti Gerak Jalan Tradisional

Banyuwangi (beritajatim.com) - Mengakhiri agenda Festival Kebangsaan 2018, Banyuwangi menggelar gerak jalan tradisional. Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko melepas ribuan peserta gerak jalan tersebut di Kantor Kecamatan Srono, Sabtu (25/8/2018).

Pagi itu jalan di depan kantor Kecamatan Srono dipenuhi ribuan peserta gerak jalan 17 km dari berbagai kalangan. Mulai pelajar SMP/MTs, SMA/SMK putri, dan masyarakat umum semua terlihat semangat mengikuti event tahunan tersebut.

Salah satunya, Andriani warga kelurahan Pakis yang mengaku sangat antusias ikut kegiatan itu. "Saya memang senang ikut gerak jalan. Hitung-hitung olah raga dan menyemarakkan tujuh belasan. Apalagi ramai-ramai, seneng rasanya," kata Andriani, Sabtu (25/8/2018).

Gerak jalan tersebut diikuti oleh ribuan peserta yang terbagi dalam tiga kategori. Yakni kategori umum dan pelajar SMA sederajat menempuh 45 km, pelajar SMP dengan rute 17 km dan siswa SD sederajat sejauh 8 km.

Sesaat sebelum memberangkatkan para peserta, Yusuf menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam gerak jalan.

"Gerak jalan tradisional ini selalu diminati masyarakat yang terbukti dengan antusiasme pendaftar yang tinggi. Mereka dengan riang gembira berjalan dengan jarak yang jauh untuk menapaktilasi perjalanan para pejuang dahulu. Saya sangat bangga," kata Yusuf.

Usai melepas, Wabup pun ikut turun ke jalan untuk berjalan dalam barisan sebagai regu kehormatan bersama Forpimda dan kepala SKPD. Sepanjang jalan, Yusuf mendapat sambutan meriah dari para warga yang menyaksikan. Para warga ada yang mengajak Yusuf bersalaman bahkan ada pula yang menawari Yusuf mampir untuk mencicipi masakannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Wawan Yadmadi menambahkan, gerak jalan tradisional ini diminati masyarakat. Peserta yang ikut membludak, mencapai 1.184 regu yang terbagi dalam tiga kategori.

"Untuk peserta kita memang tidak membatasi, asalkan beregu kita terima. Dan pendaftaran gerak jalan ini kita buka secara online melalui website Dispora," kata Wawan.

Kategori I, menempuh jarak 8 km diikuti 893 regu. Kategori I ini, diberangkatkan dari  GOR Tawangalun dan finish Taman Blambangan. Selanjutnya, kategori II yang menempuh jarak 17 km diikuti 188 regu, berangkat dari Kecamatan Srono – finish di depan Kantor Desa Kedaleman, Kecamatan Rogojampi.

Sedangkan kategori III, yang menempuh jarak 45 km, diikuti 103 regu diberangkatkan dari depan Kecamatan Gambiran dan finish di tempat yang sama dengan kategori II.

"Semua kategori ini diberangkatkan secara serempak pada pukul. 09.00 WIB tadi dari masing-masing start," pungkas Wawan. [rin/suf] 

Tag : hut ri

Komentar

?>