Kamis, 15 Nopember 2018

Menag Ikut Antre di Toilet

Rabu, 22 Agustus 2018 06:46:39 WIB
Reporter : Ainur Rohim
Menag Ikut Antre di Toilet

Makkah (beritajatim.com)--Usai lontar jumrah aqabah di Jamarat pada 10 Dzulhijjah, Selasa (21/08/2018), Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menuju Mina berjalan kaki untuk mengecek langsung kondisi jemaah haji Indonesia.

Di sela blusukan ke tenda dan Posko Kesehatan Haji, Menag istirahat sejenak di Kantor Misi Haji di Maktab 50. Waktu salat Maghrib tiba, sekitar pukul 19.30 waktu Saudi, Menag serta merta keluar tenda turut antre di toilet bersama jemaah lain, lalu mengambil air wudlu.

“Sengaja saya ingin mengecek kondisi toilet dan tempat wudlu,” kata Menag.

Pihaknya memang mengakui, toilet dan tempat wudlu masih terbatas, karena fasilitas di Mina sepenuhnya menjadi tanggung jawab otoritas Saudi.

“Tapi kita sudah berusaha maksimal, misalnya dengan menambahi urinoir portable meski jumlahnya terbatas,” jelasnya.

“Makanya saya ingin melihat langsung di lapangan, ikut merasakan nikmatnya antre bersama jemaah, karena malah bisa mendapat masukan dari mereka,” ungkap Menag lagi.

Salah seorang jemaah dari Ciamis, Jawa Barat, yang sedang mengantre di toilet minta agar kamar kecil diperbanyak di tahun mendatang.

Dengan ramah Menag mohon maaf jika pemerintah belum bisa memberikan yang terbaik.

“Kami mewakili pemerintah mohon maaf belum bisa memberikan yang terbaik, jemaah berdesak-desakan di tenda dan kondisi toilet terbatas, mudah-mudahan semua tambah sabar,” papar Menag.[air/Kemenag.go.id]

Tag : haji umroh

Komentar

?>