Kamis, 22 Nopember 2018

Bentangan Bendera Merah Putih 173 Meter dari Pantai Dalegan Gresik

Sabtu, 18 Agustus 2018 17:39:08 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Bentangan Bendera Merah Putih 173 Meter dari Pantai Dalegan Gresik

Gresik (beritajatim.com) - Untuk kesekian kalinya bendera merah putih berukuran raksasa dibentangkan oleh ribuan aparat keamanan baik dari Polres Gresik, dan Kodim 0187 di Pantai Dalegan, Gresik.

Selain melibatkan dua institusi negara itu. Bendera dengan ukuran 173 meter juga dibentangkan oleh ratusan pelajar, ormas, masyarakat, dan ratusan nelayan yang menghiasi perahunya dengan ornamen bendera merah putih di sela-sela peringatan Kemerdekaan HUT RI ke 73.

Saat dibentangkan, bendera raksasa itu mendapat perhatian dari warga di wilayah itu. Banyak warga yang datang untuk menyaksikan kegiatan tersebut.

"Upacara pembentangkan bendera merah putih ini diikuti anggota Polri-TNI, pelajar serta ormas masyarakat dan nelayan," ujar Kapolres Gresik, AKBP Wahyu Sri Bintoro, Sabtu (18/08/2018).

Sebelum dibentangkan, Kapolres Gresik dan Kasdim 0817 Mayor Arh Suwanto didampingi Wakapolres Gresik Kompol Wahyu P. Utama menggelar upacara. Setelah upacara selesai mantan Kapolres Bojonegoro itu memberi aba-aba kepada anggota Polri-TNI, pelajar, dan ormas masyarakat tetap berbaris sambil membentangkan bendera merah putih. Dimulai dari sisi utara lalu berlanjut ke selatan sambil membentangkan bendera. Terik matahari yang menyengat tidak menyurutkan peserta upacara.

Setelah dibentangkan, ribuan peserta upacara diminta jongkok sambil berdiri dengan membentangkan bendera raksasa. Sepintas saat dilihat dari udara, bendera sepanjang 173 meter tersebut bergelombang diiringi dengan beberapa bendera berukuran kecil.

"Kegiatan upacara seperti ini pertama kali dilakukan di Pantai Dalegan, dan akan dilakukan berkali-kali di masa mendatang," ujar AKBP Wahyu Sri Bintoro.

Dia juga menyebutkan dengan membentangkan bendera merah putih sepanjang 173 meter untuk menyampaikan pesan bahwa sinergitas Polri dan TNI siap mengamankan keutuhan wilayah NKRI. Selain itu, juga memupuk rasa nasionalisme dan menjaga persatuan kesatuan. "Kami melibatkan tidak kurang 1500 anggota Polri dari Polres dan Kodim 0817 dalam kegiatan ini," tutur Wahyu Sri Bintoro.

Sementara Abdul Ghofur salah satu peserta dari ormas PC GP Ansor Gresik yang ikut membentangkan benderah merah putih berukuran raksasa itu mengatakan, pembentangan bederah merah putih sepanjang 173 meter sebagai pesan untuk mengingat jasa pahlawan yang bertaruh nyawa dalam mempertahankan kemerdekaan. "Sebagai pemuda semangat nasionalisme jangan sampai luntur dan harus ditanamkan sampai akhir hayat," tandasnya. [dny/kun]

Tag : hut ri

Komentar

?>