Rabu, 19 September 2018

Merah Putih Raksasa Berkibar di MAB, Upacara Sukses

Jum'at, 17 Agustus 2018 13:29:27 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Merah Putih Raksasa Berkibar di MAB, Upacara Sukses

Banyuwangi (beritajatim.com) - Bendera merah putih berukuran raksasa berkibar di menara Masjid Agung Baiturrahman (MAB), Banyuwangi. Kegiatan itu, untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-73.

Sang merah putih berukuran 5x10 meter itu tampak gagah di atas kubah hijau. "Bendera raksasa akan dikibarkan hingga akhir Agustus ini. Simbol semangat warga Banyuwangi untuk melanjutkan tugas mengisi kemerdekaan ini," kata Camat Banyuwangi Yusdi Irawan, Jumat (17/8/2018).

Pengibaran bendera ini dilakukan oleh 20 orang petugas. Terdiri dari anggota TNI, aparatur sipil negara (ASN) serta sejumlah takmir masjid setempat.  Sebelumnya dilakukan prosesi penyerahan bendera dari Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko ke Camat Banyuwangi, Yusdi Irawan.

Sementara itu, upacara peringatan detik-detik Proklamasi kemerdekaan dilakukan pukul 10.00 WIB. Lokasi upacara berpusat di Taman Blambangan. Dihadiri anggota forum pimpinan daerah, upacara ini diikuti ribuan peserta upacara dari berbagai kalangan dan pelajar sekolah.

Rasa tegang dari para tamu terlihat muncul kala barisan pengibar bendera memasuki lapangan upacara. Tak terkecuali, perasaan dari sejumlah orang tua dan pendamping yang juga turut menyaksikan momen membanggakan itu.

Benar saja, tetes air mata para tamu jatuh tak tertahan kala merah putih memuncak beriring lagu kebangsaan Indonesia Raya. Meski demikian, prosesi pengibaran sukses dilaksanakan oleh putra-putri pilihan Banyuwangi.

Para pasukan pengibar bendera berhasil melaksanakan tugas dengan baik. Tercatat pembawa bendera Putri Anggraini, siswi kelas X SMAN 1 Tegadlimo. Sementara petugas pengibar bendera adalah Redo Suryanata (SMAN 1 Banyuwangi), Fariz Samudra (SMAN 1 Genteng), Nanda Dwi Saputra (SMKN 1 Kalipuro).

Upacara ini juga diwarnai aksi terbang empat pesawat latih oleh siswa sekolah penerbangan Balai Pendidikan Pelatihan Penerbang (BP3) Banyuwangi. Aksi mereka ini mendapat sambutan yang meriah dari ribuan warga yang turut menyaksikan jalannya upacara dari pinggir lapangan. [rin/suf]

Tag : hut ri

Komentar

?>