Jum'at, 16 Nopember 2018

Peternak Lokal Ponorogo Cukupi Kebutuhan Hewan Kurban

Kamis, 16 Agustus 2018 17:48:45 WIB
Reporter : D. Istimora
Peternak Lokal Ponorogo Cukupi Kebutuhan Hewan Kurban

Ponorogo (beritajatim.com) – Meski terjadi kenaikan, ternak dari peternak lokal Ponorogo dipastikan mampu mencukupi kebutuhan hewan kurban untuk disembelih pada Idul Adha 2018 yang jatuh 22 Agustus mendatang.

Hal ini terlihat pada peningakatan jumlah sapi dan kambing yang  diperdagangkan di pasar-pasar hewan sejumlah kecamatan di Kabupaten Ponorogo yang mengalami lonjakan drastis. Salah satunya terjadi di Pasar Hewan di Kecamatan Jetis. Di pasar ini, pengelolanya mencatat terjadi kenaikan jumlah ternak yang masuk hingga 30 persen.

“Kalau hari pasaran biasa hanya sekitar 300 ekor. Tapi di pekan ini, pada hari pasaran bisa mencapai 400 ekor lebih. Dan itu masih mungkin naik lagi,” ungkap Kepala Pengelola Pasar Hewan Jetis Margo Utomo, Kamis (16/8/2018).

Walaupun terjadi kenaikan signifikan pada permintaan ternak ini, namun belum ada mobilisasi  permintaan hewan ternak dari luar kota seperti dari Wonogiri atau Trenggalek ke Ponorogo. Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo menyatakan belum menerima surat permintaan untuk mendatangkan hewan ternak dari luar kota oleh pedagang ternak maupun pengusaha. 

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo Medy Susanto menjelaskan, stok hewan ternak untuk kebutuhan kurban di Kabupaten Ponorogo sejauh ini masih tercukupi oleh peternak lokal.

“Belum ada permintaan yang cukup ekstrim ke bidang peternakan. Sehingga memang belum ada yang memasukkan ternak dari luar kota. Peternak kita, peternak lokal, masih sanggup mencukupi permintaan warga Ponorogo sendiri,” ujarnya. [dil/but]

Tag : idul adha

Komentar

?>