Senin, 15 Oktober 2018

Selain Relawan, Pemkab Tuban Juga Kirim Logistik ke Lombok

Rabu, 15 Agustus 2018 23:46:03 WIB
Reporter : M Muthohar
Selain Relawan, Pemkab Tuban Juga Kirim Logistik ke Lombok

Tuban (beritajatim.com) - Sebagai bentuk kepedulian korban gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pemerintah Kabupaten Tuban memberangkatkan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana), Rabu (15/8/2018).

Selain itu, Pemkab juga mengirimkan bantuan logistik bagi para korban gempa di Lombok tersebut. Pelepasa personil Tagana dan pengiriman logistik itu dilakukan oleh Noor Nahar Hussein, Wakil Bupati (Wabup) Tuban.

"Kami akan mendorong dan menumbuhkembangkan jiwa-jiwa kemanusian ini. Terutama di kalangan generasi muda sehingga akan meningkatkan semangat persatuan dan persaudaraan," terang Noor Nahar Hussein saat memberikan arahan kepada para relawan di kantor Wabup yang ada di komplek kantor Pemkab Tuban.

Untuk membantu kegiatan kemanusiaan pasca terjadi gempa di Lombok itu, Pemkab Tuban memberangkatkan tiga orang personil dari tim Tagana. Soal lgostik, Wabup menyebut bahwa makanan yang tepat untuk para korban adalah sesuatu yang berbentuk instan.

"Mengingat kondisi di Lombok belum stabil, mungkin bantuan yang diperlukan adalah yang berbentuk instan," tambah Wabup.

Dalam kesempatan itu, Wabup juga berpesan kepada para relawan untuk tetap menjaga kesiapan, menjaga stamina, kesehatan, dan juga siap mental. Selain itu, saat menjadi relawan perlu menjaga nama baik Tagana Tuban, menjaga cara berkomunikasi dan sikap ketika di lokasi.

Wabup menginstruksikan kepada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) untuk menginisiasi dalam berpartisipasi pada kegiatan kemanusiaan di Lingkungan Pemkab Tuban. Hal itu dilakukan agar bantuan dapat memaksimalkan diberikan kepada korban gempa di Lombok.

"Saya akan meminta kepada Sektrataris Daerah untuk membuat surat edaran terkait dengan ini," lanjutnya.

Bantuan ke Lombok itu, donasi yang dikumpulkan tim Tagana dari berbagai kalangan masyarakat mencapai sekitar Rp 27 juta. Dana yang terkumpul itu akan dibelikan berbagai jenis logistik dan dibawa ke lokasi bencana.

"Relawan Tagana mendapatkan kepercayaan pada bagian logistik. Kita akan berkumpul di kantor Dinsos Jawa Timur untuk sama-sama diberangkatkan oleh tim Tagana Jatim," terang Moch Zainuri, koordinator Tagana Kabupaten Tuban. [mut/suf]

Tag : gempa

Komentar

?>