Selasa, 23 Oktober 2018

Tangkal Hoax, Pakde Karwo Usul AMSI Jatim Uji Kebenaran Informasi

Jum'at, 10 Agustus 2018 14:42:06 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Tangkal Hoax, Pakde Karwo Usul AMSI Jatim Uji Kebenaran Informasi

Surabaya (beritajatim.com) - Gubernur Jatim Soekarwo mengusulkan kepada pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jatim melakukan uji kebenaran informasi. Ini untuk menangkal informasi hoax.

Hasil uji kebenaran tersebut harus disampaikan ke masyarakat. Sebab, kemudahan dalam memberikan informasi melalui perkembangan cyber begitu pesat.

"Profesionalisme AMSI harus ditegakkan. Salah satunya dengan melakukan pengecekan kebenaran informasi," ujar Pakde Karwo saat menghadiri Pelantikan Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Timur Periode 2017-2020 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (10/8/2018).

Pakde Karwo menjelaskan, saat ini media dan teknologi atau dikenal dengan media siber bisa mengarahkan, bahkan juga merekayasa perilaku masyarakat. Karena itu, pelaku atau stakeholdernya juga harus di-appraisal sesuai dengan disiplinnya.

"Misalkan media siber diappraisal profesionalisme dan kompentensi. Begitu juga dengan informasi yang disampaikan harus betul-betul dicek kebenarannya," tegasnya.

Memang disyaratkan dalam dunia yang bebas itu, menurut Pakde, seharusnya ada yang mengkontrol dan memastikan berita itu hoax atau benar. "Harus ada tempat untuk merujuk berita tersebut," imbuh orang nomor satu di Jatim ini.

Karena itu, Pakde Karwo sependapat dengan Pengurus AMSI Pusat maupun wilayah untuk melakukan pengecekan fakta informasi. Apalagi media merupakan tiang keempat pilar demokrasi.

Sementara itu, Ketua AMSI Wilayah Jatim Arief Rahman mengapresiasi Gubernur Jatim Pakde Karwo selalu memberikan yang terbaik untuk wartawan di Jatim. Salah satunya memberikan tempat Grahadi kepada AMSI Jatim.

"Terima kasih sudah memberikan kesempatan kepada AMSI Jawa Timur untuk menyelenggarakan acara di sini. Kami tidak menyangka pelantikan ini dilaksanakan di Grahadi," katanya.

Menurutnya, yang dilakukan AMSI Jatim merupakan perjuangan untuk memerangi berita hoax, serta terus menciptakan berita yang berkualitas. Sebab publik berhak mendapatkan berita yang baik.

Pada kesempatan yang sama, Dewan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi Dwi Eko Lokononto yang akrab disapa Lucky mengatakan, keberadaan AMSI akan memperkuat dewan pers dan membela marwah dewan pers.

Sebagai salah satu bentuk program yang telah dilakukan AMSI, yakni mengadakan pelatihan cek fakta melalui kerjasama dengan Google Lab. "Cek fakta yang paling mudah dilihat dan telah diterapkan ada di halaman dua Jawa Pos," kata Pemred beritajatim.com ini.

Berdasarkan data Pengurus AMSI Wilayah Jatim, ada sebanyak 43.700 media online berada di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk media online di Jatim belum terdata secara detail jumlahnya.

Berikut susunan Pengurus AMSI Wilayah Jawa Timur Periode 2017-2020, Arief Rahman sebagai Ketua, Budi Hartadi sebagai Wakil Ketua I, Miftahul Ulum sebagai Wakil Ketua II, Adi Sasono sebagai Sekretaris, Zulham Mubarak sebagai Wakil Sekretaris I, Eddy Prastyo sebagai Wakil Sekretaris II.

Selanjutnya Saptini Darmaningrum sebagai Bendahara, Dian Kurniawan sebagai Wakil Bendahara I, dan Nurul Arifin sebagai Wakil Bendahara II.

Sedangkan Dewan Etik terdiri dari Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, SH, MSi, Prof. Dra. Rahmah Ida, M.Com,Ph.D, dan Errol Jonathans. (tok/ted)

Tag : amsi

Komentar

?>