Rabu, 22 Agustus 2018

Kapal RS Terapung Ksatria Airlangga Belum Bisa Berlayar

IDI Kirim 10 Dokter Umum Lewat Udara ke Lombok

Rabu, 08 Agustus 2018 09:08:39 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
IDI Kirim 10 Dokter Umum Lewat Udara ke Lombok
Tim Acu Pertama dari RS Terapung Ksatria Airlangga yang sudah berada di Lombok

Surabaya (beritajatim.com) - Tim Acu Pertama dari RS Terapung Ksatria Airlangga Sudah berada di Lombok sejak 2 hari yang lalu. Namun hingga saat ini kapal RS Terapung belum bisa berlayar karena belum mendapatkan izin akibat ombak terlalu tinggi.

Meski demikian Tim Acu pertama tetap berangkat dengan pesawat sejak dua hari lalu. Bahkan hari ini akan disusul oleh 10 dokter umum dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Surabaya ke daerah terdampak gempa.

10 Dokter Umum tersebut akan membantu Tim Acu Pertama RS Terapung Ksatria Airlangga yang saat ini tengah tinggi mobilitasnya dari daerah-daerah terdampak gempa, seperti daerah Cangkir, Bangsal kemudian ke RSUP Mataram.

"Nanti sekitar jam 10.45 kami berangkat ke bandara untuk terbang ke Lombok bergabung dengan Tim Acu Pertama dari RST, karena dokter spesialis sudah banyak jadi yang benar-benar dibutuhkan adalah dokter umum," ujar Dokter Brahmana Anyar selaku koordinator keberangkatan dokter IDI Surabaya, saat diwawancarai beritajatim.com, Rabu (8/8/2018).

Selain memberangkatkan 10 dokter, IDI juga mengirimkan kargo berisi bantuan dan donasi serta alat medis ke Lombok. Saat ini pun kapal RS Terapung Ksatria Airlangga masih berada di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Rencananya kapal akan membawa kru ABK dan perlengkapan medis yang lebih memadai serta berbagai donasi, seperti selimut, baju layak pakai, sembako dan sebagainya yang belum sempat dikirimkan.

"Betul, syahbandar masih melarang kapal berlayar karena ombak masih sangat tinggi. Doakan  hari ini ombak bersahabat sehingga kapal segera berangkat. Tim medis di lombok sangaat berharap kehadiran kapal sesegera mungkin," ujar Dokter Gadis, Tim Koordinator Pemberangkatan Kapal. [adg/suf]

Tag : gempa

Komentar

?>