Selasa, 13 Nopember 2018

Ratusan Gus Berkumpul, Ini Pernyataan Sikapnya

Senin, 06 Agustus 2018 13:26:54 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Ratusan Gus Berkumpul, Ini Pernyataan Sikapnya
Foto ilustrasi

Jember (beritajatim.com) - Sedikitnya 150 orang anggota Asosiasi Para Gus (Asparagus), kelompok para putra ulama dan masyayikh berkumpul dan mengeluarkan pernyataan sikap terkait radikalisme.

Juru bicara Asparagus H. Mudhar dan Miftahul Arifin Hasan mengatakan, para gus tersebut berkumpul Sabtu (4/8/2018) malam lalu di Pondok Pesantren Taman Giri, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. "Selain dari Jember, ada yang datang dari Tambak Beras, Tebu Ireng Jombang, Langitan Tuban, Malang, dan Lumajang," kata Mudhar, Senin (6/8/2018).

Ada lima pernyataan yang disepakati mereka. Pertama, Asparagus Jember tetap konsisten menjadi kepanjangan tangan ulama dan masyayikh. "Kedua, kami menjunjung tinggi dan berpegang teguh pada tali akidah ahlussunnah wal jamaah ala Thoriqoti Syafi'iyah Asy'ariyah, sebagaimana dianut mayoritas umat Islam di Indonesia serta menentang keras segala paham eksklusif, intoleran yang anti keberagaman dan selalu menyalahkan amaliyah umat selain mereka," kata Mudhar.

Ketiga, Asparagus mendorong masyarakat dan elemen pesantren untuk mengutamakan persatuan dan kebersamaan, menghargai perbedaan sikap dan aspirasi. Mereka menentang keras segala tindakan, ajaran, dan ujaran kebencian yang selalu mengusik tradisi dan persoalan khilafiyah dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara.

"Keempat, kami mendukung pelaksanaan pembangunan yang merata di segala bidang, baik moral, budaya, politik, ekonomi, dan infrastruktur untuk mewujudkan Islam rahmatan lil alamin," kata Mudhar.

"Terakhir, kami siap menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI, mengawal semangat kebangsaan, menolak radikalisme, paham-paham intoleran, penjajahan moral, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, keislaman, dan keindonesiaan," tambah Hasan. [wir/but]

Tag : demo wahabi

Komentar

?>