Senin, 20 Agustus 2018

Kapolres Jember: Bendera Hitam Sudah Dikibarkan di Laut Selatan

Kamis, 19 Juli 2018 20:21:02 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Kapolres Jember: Bendera Hitam Sudah Dikibarkan di Laut Selatan

Jember (beritajatim.com) - Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo mengatakan, sudah ada imbauan terhadap nelayan di laut selatan agar tidak melaut dalam kondisi cuaca buruk saat ini.

"Ada bendera hitam yang kami pasang di tempat pelelangan ikan. Itu adalah pertanda bahwa nelayan diharapkan tidak melaut," kata Kusworo, di Pantai Pancer, Kecamatan Puger, Kamis (19/7/2018).

Para nelayan di Puger sebenarnya memahami itu. Selama tiga hari belakangan ini nelayan tidak melaut. "Tapi karena ada nelayan yang terikat dengan juragan atau karena tuntutan ekonomi, karena tiga hari cuaca buruk, ada yang melaut," kata Kusworo.

Kapal yang melaut itu adalah Joko Berek kyang dinahkodai H. Dirman dan ditumpangi total 21 orang. Kapal inilah yang kemudian terbalik karena dihantam ombak pagi tadi. Lima orang meninggal dunia, tujuh orang hilang, dan sembilan orang selamat.

Petugas Basarnas melakukan pencarian dan evakuasi korban bersama elemen lain. Sementara itu, aparat kepolisian mengamankan perimeter di sekitar pantai agar tak ada warga yang menyaksikan evakuasi kapal justru jadi korban.

"Kami menggunakan alat pengeras suara untuk memberikan peringatan bahwa di posisi-posisi tertentu ombak besar dan agar tidak diterobos kapal nelayan (yang hendak melaut)," kata Kusworo. (wir/kun)

Tag : nelayan

Komentar

Tag Populer

?>