Minggu, 16 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Datangi Goa Unengan, BBKSDA Jatim Temukan Jejak Ular Raksasa

Rabu, 18 Juli 2018 22:56:58 WIB
Reporter : Misti P.
Datangi Goa Unengan, BBKSDA Jatim Temukan Jejak Ular Raksasa

Mojokerto (beritajatim.com) - Petugas dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur wilayah Mojokerto-Sidoarjo mendatangi lokasi penangkapan ular Sanca Kembang di Dusun Unengan, Desa Sekargadung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

Kepala Resort Konservasi BBKSDA Jatim, Wilayah Mojokerto-Sidoarjo, Abdul Khalim mengatakan, kedatangannya tidak lain dalam rangka investigasi terkait keberadaan ular Sanca Kembang di kampung Unengan yang ditemukan oleh warga setempat.

"Anggota kami melakukan penyisiran di area perkebunan dan aliran sungai irigasi hingga ke mulut Goa Unengan untuk mencari keberadaan sarang ular tersebut. Kami memang menemukan bekas jejak ular berukuran besar yang mengarah masuk ke mulut goa," ungkapnya, Rabu (18/7/2018).

Ada tiga mulut goa di lokasi penemuan ular tersebut. Pihaknya tidak tahu berapa besar ukuran ular itu karena saat ular berjalan zig-zag. Setelah diukur petugas, lebar jejak ular sekitar 20 cm dan merupakan jejak baru. Karena jejaknya berada di atas permukaan tanah halus sehingga terlihat cukup jelas.

"Kami memperkirakan jejak ini masih baru tadi malam karena masih terlihat sangat jelas. Dengan adanya jejak itu, kita memperkirakan lokasi tersebut seringkali digunakan untuk keluar-masuk ular Sanca Kembang ke dalam sarangnya. Diduga ukurannya lebih besar dari yang ditemukan warga," ujarnya.

Khalim menambahkan, pihaknya telah memastikan itu merupakan jejak ular Sanca Kembang. Artinya, memang ada sarang ular di area Goa Unengan. Hal ini juga diperkuat dengan keterangan warga setempat yang pernah melihat adanya ular Sanca Kembang di kawasan tersebut. 

"Kami yakin itu jejak ular Sanca Kembang. Ada juga warga bernama Suwarto yang merupakan pawang ular seringkali melihat ular sejenis itu di sekitar lokasi. Ini masuk akal karena karakteristik Goa Unengan terdiri dari susunan batu alam mempunyai tingkat kelembapan yang menjadi habitat ular liar," jelasnya. [tin/suf]

Tag : ular

Komentar

?>