Jum'at, 19 Oktober 2018

KPH Bojonegoro: Pelaku Pembakaran Hutan Bisa Dipidanakan

Selasa, 17 Juli 2018 00:00:28 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
KPH Bojonegoro: Pelaku Pembakaran Hutan Bisa Dipidanakan

Bojonegoro (beritajatim.com) - Kepala Adm Perum Perhutani KPH Bojonegoro, Daniel Budi Cahyono mengatakan, pihaknya bisa memidanakan pelaku pembakaran hutan yang dilakukan dengan sengaja. Untuk menjaga kelestarian hutan, saat ini pihaknya bekerjasama dengan Kepolisian dan Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro.

"Jika terjadi kebakaran hutan maka kami langsung menghubungi Dinas Pemadam, dan pihak kepolisian untuk menindak tegas orang yang ketahuan dengan sengaja membakar hutan," jelas Daniel, Senin (16/7/2018).

Saat musim kemarau, menurut dia, hutan rentan terbakar. Karena banyaknya daun jati kering yang rontok serta kencangnya hembusan angin. Itu membuat api dengan cepat membesar. "Hutan jati terbakar diduga kuat ulah tangan jahil atau orang yang tidak bertanggug jawab," lanjutnya.

Saat ini, sudah ada dua laporan kebakaran hutan yang masuk kawasan KPH Bojonegoro, yakni BKPH Clangap dan Dander, dengan luas masing masing sekitar dua hektar. "Kebaran lahan hutan ini diduga akibat dari kelalaian manusia baik sengaja maupun tidak sengaja," ungkap Daniel.

Diperkirakan, kebaran hutan ini akan terus terjadi hingga berakhirnya musim kemarau. Kini pihaknya berupaya untuk menyosialisasikan kepada masyarakat melalui petugas lapangan untuk bersama-sama menjaga hutan. [lus/suf]

Tag : kebakaran

Komentar

?>