Minggu, 16 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Bikin Resah, Warga Berburu Ular Sanca Kembang

Senin, 16 Juli 2018 22:50:44 WIB
Reporter : Misti P.
Bikin Resah, Warga Berburu Ular Sanca Kembang

Mojokerto (beritajatim.com) - Karena dinilai cukup meresahkan, warga Dusun Unengan, Desa Sekargadung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, beramai-ramai memburu ular Sanca Kembang. Ular tersebut diburu warga hingga ke saluran irigasi.

Kepala Dusun (Kadus) Unengan, Sudarsono mengatakan, wilayahnya secara geografis masih asri. Masih masih banyak terdapat ladang dan perkebunan rimbun sehingga menjadi tempat ideal untuk perkembangbiakan ular liar. "Ada goa dari batu alam mungkin menjadi sarang ular tersebut," ungkapnya, Senin (16/7/2018).

Masih kata Suharsono, padahal jarak goa tersebut cukup dekat dengan permukiman warga, yaitu lebih dari 100 meter dari saluran irigasi lokasi penangkapan ular kemarin. Suharsono mengatakan, ular dengan ukuran besar tersebut lebih sering beraktivitas saat malam hari dibanding siang hari.

"Banyak warga yang melihat kemunculannya tapi tidak berani menangkap. Kemunculan ular Sanca Kembang ini paling banyak di sungai area irigasi dan di sekitar Goa Unengan yang berbatasan dengan lahan perkebunan warga. Kondisinya cenderung lembab karena dekat dengan sumber air," ujarnya.

Warga akhirnya sepakat berburu ular dengan memasang jebakan di sepanjang aliran irigasi. Warga memakai ayam mati yang telah disembelih sebagai umpann. Karena diharapkan bau darah ayam tersebut bisa mengundang ular-ular agar keluar dari sarangnya.

"Dengan cara ini diharapkan kami lebih mudah untuk menangkapnya. Sekarang warga berburu secara berkelompok ketika malam hari, setidaknya butuh empat hingga delapan orang untuk menangkap ular-ular tersebut. Memang di sini banyak muncul ular," tuturnya. [tin/suf]

Tag : ular

Komentar

?>