Senin, 24 September 2018

Pasca Banjir, Jalur Alternatif Banyuwangi-Jember Dibuka

Sabtu, 23 Juni 2018 16:19:30 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Pasca Banjir, Jalur Alternatif Banyuwangi-Jember Dibuka

Banyuwangi (beritajatim.com) - Penanganan pasca banjir bandang yang melanda empat dusun di Desa Alasmalang, Singojuruh Banyuwangi terus dilakukan. Tak hanya dilakukan oleh petugas, sejumlah elemen masyarakat turut menjadi relawan membantu warga terdampak secara gotong royong.

Jalur alternatif Jember-Banyuwangi yang sempat terputus, hari ini, Sabtu (23/6/2018) juga dibuka kembali.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas terus memantau penanganan banjir ini, khususnya yang terdampak langsung. Seperti akses jalan alternatif Jember - Banyuwangi via kawasan Gambor yang tertutup lumpur 50 cm segera dikeruk lumpurnya.

"Alat-alat berat Sabtu pagi mulai membersihkan lumpur. Dari keterangan BPBD, jalur alternatif ke Jember Sabtu sore sudah bisa dilewati," kata Anas, Sabtu (23/6/2018).

"Saya ingin melihat kondisi pasca banjir, dan memastikan semua cepat ditangani. Apalagi tadi telah ditandatangani Surat Pernyataan Tanggap Darurat untuk mempercepat penanganan, sehingga dana untuk penanganan APBD lewat anggaran belanja tidak terduga bisa segera dioptimalkan," jelas Anas.

Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, akibat banjir bandang kemarin tercatat 23 rumah rusak berat, 80 rumah rusak ringan.

"Total ada sekitar 328 rumah terkena aliran air. Tidak ada korban jiwa dari kasus ini. Tidak sampai mendirikan tenda pengungsian bagi warga, karena mereka masih bisa ditampung di rumah saudara terdekat," pungkas Anas. [rin/suf]

Tag : banjir

Komentar

?>