Senin, 22 Oktober 2018

Lebaran, Pasukan Kuning di Bojonegoro Tak Libur

Kamis, 14 Juni 2018 19:54:54 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Lebaran, Pasukan Kuning di Bojonegoro Tak Libur

Bojonegoro (beritajatim.com)--Sejumlah pasukan kuning dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro melakukan bersih jalan. Pembersihan dilakukan dengan cara mengepel jalan di sekitar Masjid Agung Darussalam. Ruas jalan di seputar Alun-alun itu digunakan untuk salat Idul Fitri, Jumat besok.

Kepala DLH Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah mengatakan, beberapa ruas jalan yang dipel merupakan jalan yang biasa digunakan untuk salat Idul Fitri. Yakni, Jalan Mas Tumapel, Jalan KH Hasyim Asy'ari dan Jalan Trunojoyo. "Pembersihan dilakukan dengan cara dipel," jelasnya, Kamis (14/6/2018).

Selain itu, setelah salat Ied, pasukan kuning juga akan disiagakan untuk membersihkan sampah jamaah yang selesai salat.

Biasanya, lanjut dia, saat pelaksanaan Salat Ied, Masjid Agung Darussalam tidak memenuhi untuk menampung jamaah. Sehingga banyak yang salat di jalan.

"Jamaah biasanya membawa lasar berupa koran atau sebagainya untuk alas salat, jadi akan banyak sampah di pusat kota," terangnya.

Selama Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, pasukan kuning tidak diliburkan. Karena, kata dia, jika pasukan kuning diliburkan, maka ruas jalan di seputaran kota akan kotor.

Selain itu, sampah saat Lebaran juga akan meningkat paska pelaksanaan halal bihalal. "Begitu juga sampah pasti juga diangkut ke TPA, jadi paskun tidak ada yang libur. Yang libur hanya staf DLH yang di dalam kantor," pungkasnya. [lus/air]

Tag : lebaran

Komentar

?>