Rabu, 17 Oktober 2018

Hilal Juga Terlihat di Manado dan Palu

Kamis, 14 Juni 2018 19:06:55 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Hilal Juga Terlihat di Manado dan Palu
foto/ilustrasi

Surabaya (beritajatim.com) - Ketua Lembaga Falakiyah NU Jatim, Shofiyullah mengungkapkan bahwa pada pukul 18:10 dan 18:17 WITA hilal sudah terlihat di wilayah Manado dan Palu.

Dengan begitu, pria yang akrab disapa Gus Shof ini optimis bahwa Hari Raya Idul Fitri 1439 H akan jatuh pada Jumat (15/6/2018).

"Meski begitu, ini tentu akan dibawa ke Kementerian Agama RI di Jakarta untuk dilakukan Sidang Isbat dulu. Tapi biasanya kalau satu sudah terlihat kita optimisi tetap besok (Jumat, 15/6/2018)," jelas Gus Shof.

Untuk wilayah Jawa Timur, hingga sekitar pukul 17.25 WIB Ia mengaku belum mendapatkan informasi apapun terkait pantauan hilal yang dilakukan di daerah-daerah.

"Tapi prinsipnya observasi hilal ini kan memang dilakukan mulai dari waktu Maghrib tiba hingga 30 menit setelahnya," kata Gus Shof lebih lanjut.

sebagai lembaga yang ditunjuk oleh PWNU Jawa Timur untuk melakukan rukyatul hilal, Ia bersama jajarannya telah mempersiapkan 27 titik lokasi observasi yang tersebar di seluruh Jawa Timur.

Untuk lebih memvalidasi hasil rukyatul hilal yang dilakukan, Gus Shof juga memastikan bahwa tim yang berada di lokasi observasi akan turut mengajak serta Hakim dari Pengadilan Agama setempat.

"Selanjutnya hasil rukyah yang sudah di isbat oleh Hakim Pengadilan Agama setempat akan kita laporkan ke PBNU dan Kementerian Agama RI di Jakarta," pungkas Gus Shof. [ifw/suf]

Tag : lebaran

Komentar

?>