Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Gempa Bumi Sumenep Akibat Patahan Lokal, Tak Berpotensi Tsunami

Rabu, 13 Juni 2018 23:40:11 WIB
Reporter : Temmy P.
Gempa Bumi Sumenep Akibat Patahan Lokal, Tak Berpotensi Tsunami

Sumenep (beritajatim.com) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, gempa bumi yang dirasakan masyarakat Sumenep merupakan gempa tektonik akibat aktivitas patahan lokal.

"Gempa bumi yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi intraplate dengan hiposenter dangkal. Jenis gempa bumi seperti itu biasanya akibat patahan lokal," Kepala BMKG Sumenep, Usman Khalid, Rabu (13/06/2018).

Pada Rabu jam 20.06, warga Sumenep merasakan guncangan gempa. Berdasarkan rilis Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah III Denpasar, gempa tersebut terjadi sekitar 6 km timur laut Sumenep, dengan kedalaman 12 km. Kekuatan gempa tersebut 4,8 Skala Richter.

"Dari hasil pemodelan yang dilakukan BMKG, gempa tektonik yang dirasakan warga Sumenep ini tidak berpotensi tsuami. Jadi masyarat tidak perlu takut dan panik. Jangan mudah percaya pada isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tandas Usman.

Guncangan akibat gempa tersebut tak urung membuat sejumlah warga Sumenep panik. Bahkan pasien dan keluarga pasien di rumah sakit daerah (RSD) dr. H. Moh Anwar Sumenep semburat keluar gedung. Terutama bagi yang dirawat di lantai 2. (tem/kun)

Tag : gempa bumi

Komentar

?>