Kamis, 18 Oktober 2018

Polisi Ciduk Sel Teroris Anggota JAD di Probolinggo

Selasa, 22 Mei 2018 18:05:05 WIB
Reporter : -
Polisi Ciduk Sel Teroris Anggota JAD di Probolinggo

Probolinggo (beritajatim.com) - Sel-sel kelompok radikal jaringan Jamaah Anshorut Daulah (JAD) Probolinggo, terus dburu petugas.

Kali ini ALH (37), warga Dusun Siwalan, Desa Kedung Dalem, Kecamatan Dringu  Kabupaten Probolinggo diamankan gabungan Densus 88 dan  Polres Kota Probolinggo.

ALH, ditangkap di wilayah Perempatan jalan  Gus Dur, Kota  Probolinggo pada Senin (21/5) sore.

Usai pepangkapan, Polisi terus bergerak menggeledah rumah terduga, pada Selasa (22/5) dini hari.

Saat penggeledahan berlangsung juga terlihat Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad, Kapolres Probolinggo Kota AKBP. Alfian Nurrizal, dan Dandim 0820 Letkol Kav Depri Rio Saransi.

Sebuah laptop, smartphone, avo meter, teropong, sangkur dan kabel, milik terduga ikut diamankan sebagai barang bukti.

Proses penggeledahan dan penyisiran itu sendiri dilakukan tertutup. Polisi meminta wartawan termasuk warga yang penasaran, menjauhi rumah terduga hingga radius 100 meter.

Dilokasi penangkapan, Kapolres Kota Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal, memastikan ALH jaringan terduga teroris kelompok JAD.

"Dia termasuk bagian dari terduga teroris yang sudah kita amankan sebelumnya di Sumber Taman, Kecamatan Wonoasih," katanya.

Gerak-gerik ALH sendiri, lanjut Alfian, sudah dipantau petugas sejak setahun terakhir. "Saya himbau masrayakat tetap tenang. Beraktifitas seperti biasa sambil ikut mengawasi lingkungan sekitar. Silahkan melapor petugas jika ada sesuatu yang ganjil dilakukan masyarakt," pungkasnya. 

Sementara itu, Lukman Santoso, Kepala Dusun Siwalan, menjelaskan, ALH, pribadi tertutup. Tak banyak warga yang tahu aktifitasnya selama ini.

"Dia itu orangnya tidak banyak bersosialisasi dengan masyarat sekitar. Jadi apa yang dia lakukan. Bergaul sama siapa. Ikut aliran apa, warga termasuk saya ya ndak tahu," katanya.

Informasi yang dihimpun di lapangan, ALH diketahui sebagai karyawan perusahaan swasta di kawasan JL Berantas, Kota Probolinggo. Diperusahaan itu ALH dikenal sebagai sosok yang religius dan ahli kimia. Sebelumnya, empat terduga teroris di Probolinggo diamankan Densus 88 dan Polres Kota Probolinggo lebih dulu.

Mereka adalah (MF), (IS),  (HSA) dan Agus Purnomo (AP). Mereka diamankan di Perumahan Sumbertaman Indah STI Kelurahan Sumbertaman Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo pada Jumat (25/5/2018).

Tertangkapnya ALH menambah daftar terduga teroris yang berhasil diciduk petugas. Belum ada kabar resmi dari kepolisian bagaimana nasip ke lima terduga teroris usai penangkapan.[eko hardianto/ted]

Tag : bom surabaya

Komentar

?>