Rabu, 18 Juli 2018

Pengungsi Rohingya Masuk ke Banyuwangi

Selasa, 17 April 2018 17:32:16 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Pengungsi Rohingya Masuk ke Banyuwangi

Jember (beritajatim.com) - Mir Ahmad (42), pengungsi asal Rohingya, Myanmar, masuk ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Ia diamankan oleh petugas Kantor Imigrasi Kabupaten Jember.

"Anggota kami mendapatkan informasi pada 12 April 2018, bahwa ada orang asing di Banyuwangi yang diduga masuk secara ilegal. Setelah kami lakukan pemeriksaan, yang bersangkutan menunjukkan surat keterangan dari UNHCR (lembaga pengungsi di bawah naungan Persatuan Bangsa-Bangsa) yang dikeluarkan di Malaysia," kata Kepala Kantor Imigrasi Jember Kartana, Selasa (17/4/2018).

Mir Ahmad berstatus pengungsi yang tinggal di Malaysia. Dia masuk ke Indonesia pada 28 Desember 2017, setelah menikah dengan istri yang berstatus WNI. "Masuknya melalui Dumai, Riau. Di sana banyak jalur tikus yang bisa dilewati nelayan," kata Kartana.

Sebagai pengungsi, Mir Ahmad tidak boleh dideportasi. Kantor Imigrasi Jember akan mendaftarkannya ke UNHCR di Jakarta. "Kami tidak memiliki kewajiban untuk menangani seorang pengungsi. Kami menangani atas dasar kemanusiaan. Setelah mendapat kartu pengungsi dari UNHCR, yang bersangkutan bisa dikategorikan sebagai pengungsi mandiri. Jadi bisa hidup di luar ruang detensi," kata Kartana. Selama belum terdaftar di UNHCR Jakarta, maka Mir Ahmad harus tinggal di ruang detensi imigrasi. [wir]

Tag : rohingya

Komentar

?>