Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Media Center Polres Malang Diresmikan, Ini Pesan Organisasi Jurnalis

Minggu, 15 April 2018 11:41:24 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Media Center Polres Malang Diresmikan, Ini Pesan Organisasi Jurnalis

Malang (beritajatim.com)--Polres Malang di Jalan Ahmad Yani, Kepanjen, Kabupaten Malang, kini memiliki ruang Media Center yang diperuntukkan bagi pekerja jurnalistik di tempat ini.

Dalam peresmian Media Center yang dilakukan Kapolres Malang AKBP Yade Setyawan Ujung, juga disaksikan langsung sejumlah pekerja media yang tergabung dalam lintas organisasi profesi seperti Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Malang, PWI Malang Raya hingga Pewarta Foto Indonesia (PFI) Malang, Sabtu (14/4/2018) malam.

Ketua PWI Malang, Ariful Huda mengatakan, pihaknya bersyukur setelah hampir 17 tahun yang lalu sejak bertugas di Polres Malang, mendambakan media center seperti saat ini.

Kerja sama yang baik antara para jurnalis dan Polres Malang untuk mendorong pemberitaan untuk menciptakan kamtibmas di wilayah Polres Malang dan alam demokrasi yang kondusif.

"Semoga para jurnalis tetap menjaga idenpendent sebagai Jurnalis sesuai dengan UU Pers yang berlaku," harapnya.

Sementara itu, Hari Istiawan, Ketua AJI Malang menjelaskan, media center seperti ini sangat baik. Tetapi dirinya meminta rekan-rekan media dengan fasilitas seperti ini, tidak akan mengurangi integritas dan independensi sebuah media massa.

"Media center sebagai wadah ruang diskusi dan memberi kritik yang membangun untuk Polres Malang," tegasnya.

Hal sama juga dibeberkan Edi Cahyono selaku Ketua IJTI Korda Malang Raya. Dia mengaku sangat bangga terhadap jurnalis dan polres malang sehingga ada ruang khusus untuk para jurnalis.

“Dalam membangun sinergitas media dan pihak polres Malang bisa saling memberikan kritik yang membangun di tengah alam demokrasi saat ini,” tutur Edi.

Di tempat sama, Aman Rochman selaku pengurus PFI Malang Raya melanjutkan, dengan adanya tempat khusus para jurnalis ini, bisa menambah sinergisitas dengan jajaran Polres Malang dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

“Kami sebagai organisasi pewarta yang nantinya akan gabung dengan organisasi pers yang sudah ada, tujuannya sama yaitu sebagai penyeimbang berita sesuai fakta dan kejadian apa adanya. Terkait berita Hoax yang marak ini sebaiknya para Jurnalis tidak meninggalkan Kode etik Jurnalistik dengan selalu tabayyun atau kroscek lebih dulu," terang Aman.

Kapolres Malang , AKBP Yade Setiawan Ujung menambahkan, bahwa dengan adanya ruang Media Center ini bisa dimanfaatkan oleh teman-teman jurnalis sebagaimana mestinya sehingga bisa bermanfaat dan barokah.

"Jalinlah kekompakan sesama organisasi profesi Jurnalis sesuai program polisi yakni Promoter," tutur AKBP Ujung.

Kata dia, zaman sudah berubah menggunakan digital, sehingga sesama profesi jurnalis harus kokoh memegang ketentuan dalam Kode Etik Jurnalistik dan UU yang ada. “Sehingga profesi jurnalis Malang semakin maju sebagai kontrol untuk masyarakat,” tegas Ujung. [yog/air]

Tag : pers

Komentar

?>