Jum'at, 14 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Penambang Pasir Ditemukan Meninggal Tertimbun Longsor

Kamis, 22 Maret 2018 22:11:13 WIB
Reporter : M Muthohar
Penambang Pasir Ditemukan Meninggal Tertimbun Longsor

Tuban (beritajatim.com) - Seorang penambang ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa setelah tertimpa batu dan kemudian tertimbun longsor di lokasi tambang pasir yang berada di Desa Latsari, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Kamis (22/3/2018).

Penambang yang tewas adalah Suparman (30), warga setempat. Korban tertimbun longsoran batu dan pasir di kawasan pegunungan desa itu selama sekitar satu jam.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, longsornya tambang pasir tradisional itu berawal saat Suparman bersama empat orang penambang lainnya sedang melakukan aktifitasnya. Mereka mengambil pasir dengan cara mencangkul di gunung itu. Ketinggian lokasi sekitar 10 meter.

"Mereka melakukan penambangan dengan cara manual. Yakni menggunakan cangkul, gancu dan juga sekop. Mereka mencangkuli pasir di lereng gunung itu," terang Kapolsek Bancar AKP Benu Hamzah.

Saat para penambang lain sudah berhenti untuk istirahat, korban bersama Marso terus melakukan aktifitasnya. Sejurus kemudian terjadi longsor bongkahan batu besar beserta pasir. Korban yang berada di bawahnya langsung tertimpa.

"Marso berhasil melompat untuk menyelamatkan diri. Sedangkan Suparman tidak sempat menyelamatkan diri. Nah, hal itulah yang membuat korban tertimpa batu lalu tertimbun pasir," tambahnya.

Mengetahui temannya tertimbun, sejumlah penambang lain berusaha melakukan pencarian. Namun, karena banyaknya batu besar dan pasir membuat pencarian secara manual selama sekitar satu jam tidak membuahkan hasil.

"Kemudian kita datangkan alat berat untuk membantu proses evakuasi. Korban berhasil ditemukan dalam kondisi luka-luka dan meninggal dunia," ungkapnya.

Petugas kepolisian kemudian melakukan identifikasi korban. Selain itu itu melakukan visum. Kini petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut atas terjadinya longsor di tambang pasir itu. [mut/suf]

Tag : longsor

Komentar

?>