Selasa, 24 April 2018

Ada Ancaman Longsor dari Bukit Mandilis

Selasa, 20 Maret 2018 21:23:34 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Ada Ancaman Longsor dari Bukit Mandilis

Jember (beritajatim.com) - Ada ancaman longsor di salah satu bukit Blok Aren, Dusun Mandilis, Desa Sanenrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Gara-gara kondisi lahan gundul.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Widi Prasetyo sudah mengunjungi bukit itu. "Kondisinya memang kritis, tidak ada tanaman keras dan terlihat gundul di sekitar lokasi," katanya, Selasa (20/3/2018).

BPBD menemukan adanya beberapa titik tanah yang ambles sekitar satu meter di kemiringan yang cukup curam. Ini bisa memunculkan longsoran besar jika hujan turun dengan intensitas tinggi. Dampaknya pada saluran air di kaki bukit. "Jika saluran tersumbat, maka air akan meluber dan menimbulkan banjir bagi penduduk yang tinggal di bawah bukit," kata Widi.

BPBD bergerak cepat. Widi menyosialisasikan potensi kerawanan ini kepada perangkat desa, kampung, dan tokoh masyarakat setempat. Mereka diminta mencari titik lokasi aman untuk mengungsi jika terjadi bencana sewaktu-waktu.

BPBD juga sudah menghubungi Taman Nasional Meru Betiri untuk menanam pohon jenis tanaman keras bersama masyarakat. Rencananya TNMB akan menyediakan tanaman tersebut. Widi berharap reboisasi tersebut bisa dilaksanakan dengan baik dan warga sekitar menjaga kelangsungan pohon yang ditanam. [wir/suf]

Tag : longsor

Komentar

?>