Rabu, 15 Agustus 2018

Ini Kata Ustadz Arifin Ilham Soal Hoax

Senin, 19 Maret 2018 23:43:11 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Ini Kata Ustadz Arifin Ilham Soal Hoax

Jember (beritajatim.com) - Ustadz Arifin Ilham mengatakan, bahwa berita bohong (hoax) diproduksi oleh orang-orang jahil. Hoax merupakan musibah besar bagi pembuat, penyebar, dan penerima yang menelan berita itu bulat-bulat.

Hal ini disampaikan Arifin dalam acara seminar 'Melawan Hoax, Intoleransi, dan Politisasi Agama' yang digagas Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur, di Gedung Institut Agama Islam Negeri, Senin (19/3/2018). Acara tersebut diikuti deklarasi perlawanan terhadap hoax oleh ulama, organisasi masyarakat keagamaan, pengasuh pondok pesantren, dan 450 orang takmir masjid seluruh Jember.

Arifin menyebut pelaku persebaran kabar hoax adalah orang-orang yang tidak cerdas dan tidak berpikir panjang. "Tidak ada yang tidak dibalas. Allah penguasa hari pembalasan. Ini yang membuat kita berlomba-lomba menebarkan kebaikan," katanya.

Arifin meminta kepada umat Islam agar meneladani Nabi Muhammad SAW. "Nabi Muhammad tidak mudah diprovokasi. Beliau bersabda, tabayyun, teliti, dengar baik-baik, cek-ricek itu adalah dari Allah. Terburu-buru adalah punya Setan," katanya.

"Lihat dulu, dengar dulu, pikirkan baik-baik, baru bicara. Orang beriman tidak sembarangan bicara," tambah Arifin.

Sementara itu, Kapolres Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo mengatakan, berita bohong sudah meresahkan. "Ini bisa mengancam persatuan dan kesatuan, seperti berita bohong soal penganiayaan ulama dan kebangkitan PKI. Kami minta agar semua pihak bertabayyun (melakukan klarifikasi) dulu, jangan mudah percaya. Seandainya kita menerima berita bohong jangan langsung sebar. Cek dulu, benar atau tidak. Kita juga jangan membuat berita bohong. Jangan ada kelompok yang melakukan kegiatan intoleran terhadap kelompok lain," katanya. [wir/suf]

Tag : hoax

Komentar

?>