Jum'at, 17 Agustus 2018

Disnaker Malang Urus Pemulangan Jenasah TKI Hongkong

Rabu, 14 Maret 2018 15:10:50 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Disnaker Malang Urus Pemulangan Jenasah TKI Hongkong

Malang (beritajatim.com) - Proses pemulangan jenasah tenaga kerja Indonesia (TKI) di Hongkong, mulai dilakulan Disnaker Kabupaten Malang, secepatnya.

Sekedar informasi, seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) bernama Nur Mujiati(46), asal Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, dinyatakan meninggal dunia di Hongkong pada Jum'at (10/3/2018) lalu. Kabar kematian Mujiati, diterima  kakak kandung korban yang juga bekerja disana melalui Medsos.

Korban menghembuskan nafas terakhir akibat penyakit lever dan sempat dirawat selama beberapa hari di Rumah Sakit setempat. Menurut Achmad Junaidi, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dari Disnaker Kabupaten Malang mengatakan, setelah terima informasi tersebut, pihaknya langsung melakukan koordinasi dan komunikasi dengan KBRI termasuk perwakilan P4 TKI.

"Selanjutnya kami lakukan kroscek kebenaran terkait meninggalnya pekerja migran  di Hongkong seperti pemberitaan di Medsos. Ternyata berita itu benar, selanjutnya dari KBRI minta kami kirim alamat duka, dan itu juga dibenarkan oleh keluarga," tegas Junaidi, Rabu(14/3/2018) siang.

Menurutnya, Nur Mujiati bekerja di Hongkong sejak tahun 2009 lalu. Selama disana, Mujiati bekerja sebagai pembantu rumah tangga atau domectic worker. Selama di Hongkong, Mujiati baru dua kali pulang ke tanah air.

"Menjelang dua tahun terakhir dia sempat menjadi pekerja migran mandiri. Tetapi dia legal dan diberangkatkan oleh salah satu PPTKIS yang juga turut bantu proses pemulangan," kata Junaidi. Junaidi berharap kepada semua stekholder terkait penempatan dan pengerahan PMI keluar negeri, supaya tetap melalui prosedural dan cara-cara legal. (yog/kun)

Tag : tki hongkong

Berita Terkait

    Komentar

    ?>