Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Belasan Balita Korban Keracunan Masih Dirawat di RSUD Tuban

Selasa, 13 Maret 2018 22:56:22 WIB
Reporter : M Muthohar
Belasan Balita Korban Keracunan Masih Dirawat di RSUD Tuban

Tuban (berijatim.com) - Sejumlah Balita yang menjadi korban keracunan massal di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban kondisinya mulai membaik. Sebagian besar dari mereka sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit, Selasa (13/3/2018).

Namun, belasan anak-anak yang diduga keracunan makan nasi kotak dengan sayur sop itu masih dalam perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R Koesma, Kabupaten Tuban. Para korban keracunan massal itu dikunjungi berbagai pihak termasuk Wakil Bupati Tuban.

"Korban yang masih dirawat sebanyak 13 anak. Kalau semua korban yang masuk ke RSUD ada 16 anak," terang Saiful Hadi, Direktur RSUD dr R Koesma.

Meski masih menjalani perawatan, kondisi para balita mulai membaik. Sehingga mereka juga sudah ada yang diperbolehkan pulang dan menjalani rawat jalan.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein yang mengunjungi para korban menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan membantu korban yang mengalami keracunan. Pemkab Tuban bersama RSUD Tuban akan menanggung semua biaya pengobatan para balita yang kerasukan usai makan nasi saat acara Posyandu itu.

"Para korban keracunan ini tidak akan dipungut biaya apapun. Semua biaya pengobatanditanggung oleh Pemkab," tegas Noor Nahar Hussein, setelah mengunjungi korban keracunan massal itu.

Terkait dengan penyebab keracunan massal, Wabup belum mengetahui secara pasti. Pasalnya, sampel atau contoh dari makanan yang disediakan dalam acara itu masih diperiksa di laboratorium.

Seperti diberikan, puluhan anak-anak yang rata-rata berusia 4 tahun mengalami keracunan massal setelah makan nasi kotak dengan sayur sop saat acara Posyandu di Balai Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Tuban. Para korban yang kondisinya parah langsung dirawat di RSUD dr R Koesma dan juga sebagian Rumah Sakit Medika Tuban. [mut/suf]

Komentar

?>