Kamis, 21 Juni 2018

Ini Tuntutan Warga 3 Desa ke PT TPPI

Selasa, 13 Maret 2018 17:25:21 WIB
Reporter : M Muthohar
Ini Tuntutan Warga 3 Desa ke PT TPPI

Tuban (beritajatim.com)--Puluhan warga yang berasal dari tiga desa di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban melakukan aksi demo di depan pintu masuk kilang minyak PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) yang berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Tuban, Selasa (13/3/2018).

Aksi tersebut dilakukan warga lantaran mereka menuntut adanya transparasi terkait rekrutmen kebutuhan tenaga kerja di perusahaan itu.

Warga meminta perusahaan bisa memberikan kesempatan dan memprioritaskan bagi warga ring satu kilang TPPI.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, aksi demo dilakukan puluhan warga dari Desa Remen, Desa Tasikharjo dan Desa Purworejo, Kecamatan Jenu, Tuban. Yang mana tiga desa itu merupakan ring satu kilang PT TPPI Tuban memblokir pintu masuk ke lokasi kilang.

"Waktu diskusi pertemuan kami warga ring satu hanya diiming-imingi masalah pekerjaan. Tapi kenyataannya berbeda, yang diterima adalah orang dari luar," ujar Purwo, salah satu warga.

Sejumlah warga yang melakukan aksi itu meminta kepada PT TPPI mengutamakan warga lokal untuk ikut bekerja. Warga menilai, jika sekarang ini banyak dari warga tiga desa tersebut yang merupakan lulusan SMK dan memiliki skill untuk bekerja.

"Kami tidak main-main, kami ingin ada kejelasan dari TPPI. Semua pelamar yang merupakan dari warga ring satu harus diikutkan tes seleksi semua, semua harus transparan," tambah Muhammad Aji, salah satu warga Desa Remen, yang ikut dalam aksi itu.

Sementara itu, terkait dengan adanya aksi demo itu dari pihak kilang TPPI Tuban itu menyatakan bawah perusahaan sudah bertindak transparan dalam merekrut tenaga kerja. Dalam kesempatan kali ini perusahaan membutuhkan sebanyak 36 tenaga ahli.

"Kita melakukan rekrutmen ini karena banyak yang sudah keluar sebelumnya. Dan yang kita butuhkan adalah tenaga ahli, karena operasi kilang itu penuh dengan teknologi tinggi dan beresiko," kata Hadi Chairunnas, General Manager (GM) Kilang TPPI Tuban.

GM Kilang TPPI Tuban itu menyatakan, bahwa dalam proses rekrutmen tenaga kerja itu juga sudah disosialisasikan kepada warga dengan berbagai kriteria yang dibutuhkan. Yakni mulai dari tenaga teknik dengan syarat S1, S1 hukum, D3 teknik dan lulusan SMK jurusan teknik.

"Kita sebenarnya lebih senang kalau yang masuk adalah warga lokal, asalnya harus memenuhi syarat. Untuk yang SMK ini justru harus merupakan warga lokal Kabupaten Tuban yang kami terima," tegasnya.[mut/air]

Tag : demo

Komentar

?>