Rabu, 17 Oktober 2018

Soal Peringatan Gempa di Jakarta, Alat Penditeksi Tsunami Harus Dicek

Jum'at, 02 Maret 2018 16:32:27 WIB
Reporter : Hendra Brata
Soal Peringatan Gempa di Jakarta, Alat Penditeksi Tsunami Harus Dicek
Bambang Soesatyo Ketua DPRD Surabaya

Jakarta (beritajatim.com) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengupdate informasi tentang potensi-potensi gempa yang bisa terjadi. 

Menyusul pernyataan Kepala Badan BMKG yang mengingatkan masyarakat Jakarta tentang gempa megathrust yang mungkin akan terjadi di Ibu Kota Jakarta berkekuatan sampai dengan 8,7 SR.

Peringatan dini amat perlu dilakukan secara tepat dan cepat, mengingat besaran skala gempa tersebut setara dengan gempa Aceh tahun 2014 yang berdampak tsunami. ''Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui dinas terkait untuk melakukan pengecekan berkala terhadap setiap alat pendeteksi tsunami (buoy) di daerah-daerah yang berpotensi gempa dan tsunami,'' kata Bamsoet, sapaan Bambang, Jumat (2/3/2018).

Dia juga mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menyiapkan langkah-langkah mitigasi gempa dengan segera menetapkan kebijakan mitigasi. 

Seperti melakukan audit gedung-gedung tinggi di DKI Jakarta yang rentan terhadap gempa, guna meminimalisasi jatuhnya korban dan kerusakan akibat gempa.

Politisi Partai Golkar ini juga meminta Kementerian Sosial dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mensosialisasikan pemahaman, simulasi, dan kesiapsiagaan tanggap bencana, mengingat Indonesia termasuk dalam jalur Ring of Fire.

''Masyarakat juga dihimbau selalu waspada dan mengikuti arahan serta informasi dari Pemda dan BPBD setempat, dengan mengikuti petunjuk-petunjuk untuk melakukan evakuasi,'' kata Bambang.(hen/ted)

Tag : gempa bumi

Komentar

?>