Senin, 23 Juli 2018

Tanah Longsor Ancam Isolasi Warga Jember

Minggu, 25 Februari 2018 21:56:45 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
 Tanah Longsor Ancam Isolasi Warga Jember

Jember (beritajatim.com) - Tanah longsor kembali terjadi untuk ketiga kalinya di Lingkungan Mojan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (25/2/2018). Jalan akses transportasi tertutup tanah.

Longsoran sempat membuat warga di sebagian RT 1 dan seluruh warga RT 2 di RW 2 tak bisa mengakses jalan tersebut dan terancam terisolasi. Total ada 49 keluarga yang terdampak. "Itu satu-satunya akses jalan warga. Akhirnya bersama-sama warga dan relawan, kami akhirnya membetulkan jembatan darurat (dari bambu)," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember Widi Prasetyo.

Longsor pertama terjadi pada pekan pertama Februari 2018 dan longsor kedua terjadi pekan lalu, berasal dari bukit yang merupakan lahan milik warga. "Potensi longsor kembali sangat besar. Kalau longsor terjadi saat warga berlalu-lalang mengakses jalan itu, bisa mengancam keselamatan," kata Widi.

Oleh sebab itu, Widi meminta kepada warga agar saat hujan tidak melalui jalur tersebut. "Kita rembuk titik aman warga ke mana. Insya Allah besok pagi saya ke sana, untuk menentukan lokasi titik aman sementara kala terjadi hujan," katanya.

Selain mengancam akses jalan, longsoran tanah sewaktu-waktu juga bisa mengancam tiga rumah warga yang berada di bawah tebing. "Rumah-rumah itu terlalu dekat dengan tebing, berada di bawah tebing," kata Widi. Ia meminta agar warga berhati-hati saat hujan deras terjadi. [wir/ted]

Komentar

?>